Bupati Gumas tegaskan aparatur harus bebas dari narkoba

id Bupati Gumas tegaskan aparatur harus bebas dari narkoba, kalteng, gumas, gunung Mas

Bupati Gumas tegaskan aparatur harus bebas dari narkoba

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong saat membuka sosialisasi P4GN dan prekursor narkotika di Kuala Kurun, Kamis (17/11/2022). ANTARA/HO-Protokol dan Perjalanan Setda Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengajak seluruh pihak, termasuk aparatur seperti kepala desa, lurah, dan camat, untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Namun harus dipastikan dulu kades (kepala desa) , lurah dan camat bebas dari narkoba,” ucapnya saat membuka sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dan prekursor narkotika, di Kuala Kurun, Kamis.

Upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidak akan berjalan dengan baik, jika kades, lurah atau camat malah terlibat di dalamnya. Untuk itu, kades, lurah dan camat harus dipastikan bebas narkoba.

Kepala desa, lurah, dan camat diminta untuk turut mendukung visi Gunung Mas yakni terwujudnya kabupaten yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera, dan mandiri atau biasa disingkat dengan Berjuang Bersama.

Selain itu, dia mengajak seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, untuk aktif melaksanakan P4GN di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Baca juga: Bupati Gumas: Penanganan jalan Kurun-Palangka tidak tumpang tindih

“Jika nantinya ada masyarakat yang diketahui menyalahgunakan narkoba, maka arahkan yang bersangkutan untuk menjalani rehabilitasi supaya bisa dipulihkan. Apalagi sekarang Gunung Mas sudah memiliki pusat rehabilitasi korban penyalahgunaan narkotika,” kata Jaya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gunung Mas, Sugiarto mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pemkab untuk meningkatkan pemahaman tentang P4GN dan prekursor narkoba.

Peserta yang mengikuti sosialisasi ini terdiri dari camat, lurah dan kades se-Gunung Mas. Sedangkan sebagai narasumber adalah Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng, Brigjend Pol Sumirat Dwiyanto, dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing.

Setelah pembukaan kegiatan, para peserta mengikuti tes urine, guna memastikan mereka bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Baca juga: DPRD Gumas soroti hasil produksi PBS gunakan armada BUMDes

Baca juga: DPRD minta KONI Gunung Mas tingkatkan pembinaan ke seluruh cabor

Baca juga: Bupati: Penyertaan modal Pemkab Gumas ke perusda berupa aset