Pemkab Barut minta IDI berkolaborasi tingkatkan kesehatan masyarakat

id idi barut,pelantikan idi,barito utara,kalteng,ikatan dokter indonesia

Pemkab Barut minta IDI berkolaborasi tingkatkan kesehatan masyarakat

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra saat menghadiri pengukuhan dan pelantikan Ketua IDI Cabang Barito Utara di Muara Teweh, Minggu (4/12/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, minta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang kabupaten setempat bersama-sama dengan rakyat dapat berkolaborasi dalam menentukan langkah strategi bersama dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Organisasi IDI harus selalu senantiasa melakukan usaha, menjaga mutu pelayanan dokter kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Barito Utara," kata Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra pada pelantikan Ketua IDI Cabang Barito Utara masa bakti 2022-2025 sekaligus menghadiri HUT ke-72 IDI 2022 di Muara Teweh, Minggu.

Menurut dia, IDI juga diminta dapat bersinergi dengan program pemerintah agar dapat membentuk masyarakat yang mandiri.

"Peran IDI saat ini kian dibutuhkan sebagai lembaga profesi kedokteran Indonesia yang terus melakukan pembinaan dan pengawasan atas profesi kedokteran, dengan berpegang teguh pada kode etik kedokteran," katanya.

Ketua organisasi profesi itu, yang dilantik adalah dr Wahidah Asurawati sebagai Ketua IDI masa bakti 2022-2025 dan kepengurusan yang baru menggantikan Ketua IDI sebelumnya dr Fahmi S. R Fahlevi yang meninggal dunia dan pengurus yang lama.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Sugianto Panala Putra, atas nama pribadi dan Pemkab Barito Utara mengucapkan selamat kepada Ketua dan pengurus IDI Cabang Barito Utara masa bakti 2022-2025 yang hari ini telah dilantik
 
"Semoga kepengurusan IDI yang baru, mampu menjalankan amanah ini dan juga sekali lagi saya mengucapkan selamat HUT ke-72 IDI Barito Utara, kian jaya dan sukses berkiprah ditengah masyarakat," kata Wabup mengakhiri sambutan bupati.

Ketua IDI Cabang Barito Utara yang baru dilantik, dr Wahidah Asurawati mengatakan dengan dilantiknya dirinya bersama pengurus, ini artinya secara bersama-sama akan menahkodai organisasi IDI untuk ke depannya, harus berkomitmen untuk memajukan secara bersama-sama dan manfaatnya harus dirasakan banyak pihak, bukan sedikit orang.

"Tiga tahun ke depan adalah peran kita yang ditunggu-tunggu masyarakat Barito Utara. Mari kita susun program kerja yang sesuai dengan arah zaman saat ini, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan tentunya saya ingin garis bawahi, bahwa kita adalah mitra pemerintah, tentu program yang kita buat harus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah," kata Wahidah.

Dia mengatakan,  semua semangat kerja untuk memajukan IDI Kabupaten Barito Utara, dan akan senantiasa ada di hati semua menjadi Dokter, adalah mimpi banyak orang namun belum semua bisa terwujud. 

"Maka kita yang telah diamanahi sebagai dokter ini, harus sungguh-sungguh menjalankan dan mensyukurinya, dengan cara selain berkegiatan sebagai pribadi juga berkegiatan sebagai anggota IDI Barito Utara kian bergelora untuk membangun," ungkap dia. 

Ketua panitia pelantikan IDI dr Oktavianus Harry E mengatakan bahwa pengukuhan dan pelantikan pengurus IDI Cabang Barito Utara, pada musyawarah IDI cabang tanggal 18 Mei 2022 lalu, telah menetapkan dr Wahidah Asurawati sebagai Ketua IDI terpilih.

Dalam kegiatan tersebut juga kata Oktavianus diisi dengan kegiatan seminar Ilmiah Kedokteran, tentang Resustasi Neonatus dan Penanganan Asfiksia dan penanganan kegawatdaruratan maternal.