Ini fakta menarik di balik roti gulung kayu manis Cinnabon

id Cinnabon,roti gulung ,roti gulung kayu manis ,kuliner

Ini fakta menarik di balik roti gulung kayu manis Cinnabon

Cinnabon Summarecon Mall Kelapa Gading 2, Jakarta, 27 Desember 2022 (ANTARA/Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA) - Ketika gerai pertama akhirnya dibuka di Indonesia, para pencinta makanan manis berbondong-bondong mengantre untuk mencicipi cinnamon roll alias roti gulung kayu manis Cinnabon asal Amerika Serikat yang telah berdiri sejak 1985.

Baca juga: Cara membuat roti selai kacang dan stroberi untuk menu sarapan

Mulai Juni 2022, gerai pertama di Indonesia telah diresmikan, membuat jenama ini resmi ada di 50 negara dengan total 1600 outlet di dunia.

Meski baru dibuka tahun lalu, sebetulnya kaitan antara Indonesia dan jenama ini telah terjalin sejak lama. Simak beberapa fakta menarik di balik roti gulung kayu manis Cinnabon.

Kayu manis asal Indonesia
Aroma manis yang khas dari roti gulung kayu manis ini berasal dari rempah bernama Cinnamon Makara. Rempah ini diambil dari kayu manis di gunung Sumatra Barat.

Kayu manis dari Indonesia ini sudah menjadi ciri khas dan bahan utama untuk roti gulung tersebut dan telah digunakan secara luas untuk semua outlet di dunia. Cinnamon Makara sudah menjadi hak milik dari jenama ini, jadi Anda tidak akan menemukannya di makanan-makanan lain.

"Makara Cinnamon agak manis tapi lembut, pas dinikmati enggak terlalu overwhelming," kata Marketing Manager PT Toffin Cinnabon Indonesia, Cynthia Calista, di Cinnabon Summarecon Mall Kelapa Gading 2, Jakarta, Desember 2022.

Cynthia menjelaskan cuaca dan tempat tumbuh mempengaruhi karakter dari kayu manis, itulah alasannya mengapa Cinnamon Makara yang punya aroma manis yang kuat menjadi pilihan yang tak tergantikan untuk hidangan di jenama ini.

Baca juga: Pilihan untuk penyuka kopi dan roti panggang masa kini
Cinnabon Summarecon Mall Kelapa Gading 2, Jakarta, 27 Desember 2022 (ANTARA/Nanien Yuniar)


Less sugar
Dibandingkan negara asalnya, ternyata kadar gula di dalam produk Cinnabon yang ada di Indonesia telah dikurangi. Menurut Cynthia, gula di Cinnabon Indonesia 20 persen lebih sedikit dibandingkan di outlet negara lain.

Baca juga: Fore hadirkan roti lapis Italia dan roti khas Prancis untuk teman ngopi
Cinnabon Summarecon Mall Kelapa Gading 2, Jakarta, 27 Desember 2022 (ANTARA/Nanien Yuniar)

Dibuat secara presisi
Untuk menjaga standar kualitas, ada pakem yang harus dipatuhi oleh semua pegawai. Dapur di gerai Cinnabon hanya dibatasi sekat transparan, jadi pengunjung juga bisa mengintip proses pembuatan.

Semua adonan dibuat langsung pada hari itu juga, jadi tidak heran kadang ada antrean konsumen yang menunggu adonan matang untuk dibawa pulang. Setiap jam, staf Cinnabon akan memanggang batch baru.

Saat mengolah adonan, staf toko kue ini punya penggaris khusus untuk memastikan ukuran adonan yang akan dimasak sesuai dengan ketentuan. Adonan yang telah dipilihkan di mesin akan disesuaikan agar ukurannya pas.

Baca juga: Resep roti lapis keju untuk sarapan

Adonan bulat dibentuk menjadi persegi, kemudian diratakan, ditaburi dengan campuran gula dan kayu manis, menjadi gulungan panjang, lalu dipotong-potong sesuai ukuran.

Proses menaruh di loyang juga tidak sembarangan. Ada alat pemisah tertentu yang membantu staf dalam menaruh setiap potongan roti gulung agar setiap adonan punya jarak sama satu sama lain.
Cinnabon Summarecon Mall Kelapa Gading 2, Jakarta, 27 Desember 2022 (ANTARA/Nanien Yuniar)

Cocok ditemani kopi
Untuk menyeimbangkan rasa yang manis, minuman yang cocok sebagai teman minum roti gulung kayu manis adalah kopi hitam yang pahit. Bila kurang suka kopi pahit, Anda bisa memilih kopi latte yang rasanya lebih ringan karena ada tambahan susu. Di Indonesia, kata Cynthia, banyak juga yang menikmatinya dengan secangkir teh atau segelas teh buah yang dingin.

Baca juga: Ini sejarah dari hidangan sandwich

Baca juga: Cara membuat roti telur mayo untuk sahur kilat

Baca juga: Cara membuat roti panggang pakai 'rice cooker'