KPU Pulang Pisau mulai seleksi anggota PPS

id Kpu pulang pisau, pemilu 2024, seleksi pps, panitia pemungutan suara, pulpis, pulang pisau

KPU Pulang Pisau mulai seleksi anggota PPS

Ketua KPU Kabupaten Pulang Pisau Yuliana bersama komisioner KPU lainnya. (ANTARA/Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Yuliana mengatakan, perekrutan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di delapan kecamatan mulai dilaksanakan yang dipersiapkan sebagai bagian penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di tingkat desa.

“Seleksi tes tertulis yang menjadi rangkaian seleksi bagi anggota PPS sudah berjalan sesuai jadwal yang ditentukan,” kata Yuliana di Pulang Pisau, Senin.

Dijelaskan Yuliana, sebelumnya pelaksanaan seleksi tes tertulis calon anggota PPS di Pulang Pisau dilaksanakan selama tiga hari mulai 6-8 Januari 2023, dibagi dalam tiga zona yang dimulai dari Kecamatan Jabiren Raya dan dilanjutkan kecamatan lainnya.

Menurutnya, pelaksanaan seleksi anggota ini berdasarkan tahapan sesuai koordinasi dan petunjuk KPU RI melalui KPU Kalimantan Tengah yakni pelaksanaan tes tertulis dimulai 6 Januari 2023 serentak di Indonesia.

Selain seleksi tes tertulis, terang Yuliana, ada tes lainnya yang juga menjadi bagian dalam perekrutan anggota PPS. Hasil dari nilai tes tertulis ini, selanjutnya diakumulasi dengan tes wawancara serta rekam jejak peserta dalam kepemiluan di desa masing-masing. 

“Mudah-mudahan anggota PPS yang terpilih nantinya benar-benar memiliki semangat tinggi dalam melaksanakan tugasnya pada Pemilu 2024 mendatang," ucapnya.

Baca juga: Sekda Pulang Pisau: ASN jangan paksakan diri di luar kemampuan

Yuliana menyampaikan, dalam seleksi tes tertulis yang dilaksanakan Minggu (9/1) dilakukan secara bersamaan di Kecamatan Banama Tingang dan Kahayan Hilir.

Untuk Kecamatan Banama Tingang, terang Yuliana, seleksi tes tertulis calon anggota PPS Pemilu 2024 diikuti sebanyak 103 peserta, terdiri dari 33 orang peserta laki-laki dan 70 orang peserta perempuan.

Kemudian peserta tes tertulis di Kecamatan Kahayan Hilir berjumlah 101 peserta yang pelaksanaan tes dilaksanakan di aula Bappedalitbang setempat.

Baca juga: Camat di Pulang Pisau diminta siap siaga hadapi karhutla

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023