Dukung pengembangan IBILAGA di Kalteng, Teras Narang surati Menteri KKP

id Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, DPD RI, Teras Narang, kalimantan tengah, kalteng, teras narang surati menteri kkp, ibilaga di pulang pisau, ibil

Dukung pengembangan IBILAGA di Kalteng, Teras Narang surati Menteri KKP

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang (kedua kanan) saat berkunjung ke tempat budi daya ikan milik BPBAT Mandiangin di Desa Garung, Pulang Pisau, Selasa (20/12/2022). ANTARA/Jaya W Manurung.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang membenarkan bahwa dirinya ada menyurati Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono, agar menganggarkan belanja tahun 2023 untuk Instalasi Budidaya Ikan Lokal Lahan Gambut (IBILAGA) di Desa Garung, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Permintaan menyediakan anggaran tersebut sebagai tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja sebagai anggota DPD RI ke lokasi IBILAGA, kata Teras Narang melalui pesan singkat diterima di Palangka Raya, Kamis.

"Saya memang memberikan perhatian serius dan dukungan penuh terhadap pengembangan IBILAGA yang ada di Kalteng, terkhusus di Desa Garung. Itulah kenapa saya langsung menyurati Menteri KKP," ucapnya.

Senator Kalteng itu menyatakan bahwa pada tanggal 20 Desember 2022, ada melihat langsung seperti apa kondisi maupun fasilitas IBILAGA. Dalam kunjungan itu juga diperoleh gambaran umum, termasuk fasilitas pendukung belum memadai, seperti infrastruktur jalan, kantor dan rumah jaga kurang layak, serta peralatan kolam perikanan yang perlu lebih ditingkatkan.

Baca juga: Teras Narang dorong fish mart dibuat di lokasi budi daya ikan di Pulpis

Teras Narang mengatakan bahwa IBILAGA di Pulang Pisau merupakan salah satu pusat inovasi budidaya perikanan, sekaligus penyuplai ikan air tawar di lahan gambut yang strategis bagi Kalteng. Untuk itulah, instalasi dan sarana serta prasaran di IBILAGA mendapat dukungan anggaran khusus pengembangan perikanan di Kalteng.

"Saya secara khusus juga telah menyarankan agar penataan terhadap instalasi ini, termasuk Fish Market atau pusat penjualan ikan pada sisi jalan Lintas Palangka Raya dan Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan," kata dia.

Menurut Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu, fish market di sekitar IBILAGA di Desa Garung ini juga dapat menjadi pusat edukasi perikanan, termasuk sentra ekonomi perikanan apabila dikolaborasikan dengan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

"Jadi, sekalipun saya sudah sampaikan kepada pengelola IBILAGA di Desa Garung, tetap saya masukkan dalam surat yang kirim ke Menteri KKP," demikian Teras Narang.

Baca juga: Dihadapan mahasiswa, Teras Narang sebut pemimpin bukan bekerja sendiri

Baca juga: Teras Narang: Spirit otonomi daerah harus terus dipertahankan

Baca juga: Mencalon kembali ke DPD RI, Teras Narang apresiasi dukungan masyarakat Kalteng