Pemkab Kapuas bangga PCNU bantu penguatan pembinaan umat

id Pemkab Kapuas bangga PCNU bantu penguatan pembinaan umat, kalteng, kapuas

Pemkab Kapuas bangga PCNU bantu penguatan pembinaan umat

Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, memberikan sambutan pada acara shalat Istighosah jelang Satu Abad Nahdlatul Ulama di Kantor Bersama PCNU dan MUI Kabupaten Kapuas, Jumat (3/2/2023) lalu. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas  (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Muhammad Nafiah Ibnor, mengapresiasi dan bangga terhadap PCNU Kabupaten Kapuas yang selalu mendukung program-program pemerintah daerah dalam pembangunan di bidang keagamaan, khususnya membantu penguatan pembinaan umat. 

“Kita semua harus terus berpikir bagaimana membangun Kabupaten Kapuas yang lebih maju dengan dukungan dari semua pihak salah satunya PCNU Kabupaten Kapuas,” kata Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Senin.

Apresiasi ini juga disampaikan orang nomor dua di Kabupaten Kapuas ini saat memberikan sambutan pada acara Sholat Istighosah jelang Satu Abad Nahdlatul Ulama di Kantor bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten setempat, Jalan Pemuda Kota Kuala Kapuas.

Kegiatan juga dihadiri Ketua PCNU Kabupaten Kapuas KH Nurani Sarji, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas H Hamidhan, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kapuas Riduanto, ulama, PCNU Kabupaten Kapuas serta Ketua Lembaga dan Badan Otonom di bawah naungan PCNU Kapuas.

Nafiah Ibnor menilai, banyak kegiatan yang dilaksanakan PCNU beserta lembaga dan badan otonomnya dalam hal pembinaan umat Islam. Hal ini sangat membantu pemerintah daerah dalam mendukung kegiatan keagamaan di tengah masyarakat. 

Baca juga: DPRD Kotim berharap Porprov Kalteng dilaksanakan sesuai rencana

"Pemerintah daerah berharap PCNU dapat meningkatkan kontribusi dan partisipasinya membantu pemerintah membangun daerah, khususnya dalam hal pembinaan umat melalui kegiatan-kegiatan keagamaan," harap Nafiah Ibnor.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Kapuas KH Nurani Sarji meminta kepada pengurus yang ada di daerah setempat, untuk melaksanakan shalat Istighosah selama satu minggu menjelang resepsi Nasional pada tanggal 7 Februari 2023 bertepatan dengan 16 Rajab 1444 Hijriah.

“Lahirnya Nahdlatul Ulama (NU) 16 Rajab 1344 Hijriah, jadi usianya sudah satu Abad dan resepsi nasional nanti akan diadakan di Sidoarjo Jawa Timur. Akan menghadirkan 30 ulama dunia bersama dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” demikian Nurani Sarji.

Sementara itu setelah melaksanakan shalat Istighosah bersama di kantor Sekretariat PCNU dan MUI Kabupaten Kapuas, kegiatan dilanjutkan dengan ceramah oleh Ketua Lembaga Dakwah NU Ustadz Mujahidin mengenai hikmah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Legislator Kapuas perjuangkan hasil musrenbang kecamatan

Baca juga: Sosialisasi pencegahan kenakalan remaja di Kapuas perlu ditingkatkan

Baca juga: Pemprov Kalteng perluas pendistribusian beras subsidi kendalikan inflasi