DPRD Kotim berharap hasil reses ditindaklanjuti

id DPRD Kotim berharap hasil reses ditindaklanjuti, kalteng, DPRD kotim, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Rinie, reses

DPRD Kotim berharap hasil reses ditindaklanjuti

Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie bersalaman dengan undangan usai rapat paripurna penyampaian hasil reses DPRD, Senin (20/2/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berharap hasil reses legislator setempat ditindaklanjuti eksekutif karena menjadi harapan masyarakat. 

"Hasil reses yang disampaikan hari ini merupakan hasil penyerapan aspirasi masyarakat di seluruh kecamatan, kelurahan dan desa di Kotawaringin Timur," kata Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie di Sampit, Senin. 

Harapan itu disampaikannya saat memimpin rapat paripurna dengan agenda penyampaian hasil reses. Rapat paripurna juga dihadiri Wakil Bupati Irawati dan undangan lainnya. 

Dalam rapat ini, juru bicara dari lima daerah pemilihan secara bergantian menyampaikan hasil reses yang mereka rangkum selama turun ke lapangan menyerap aspirasi masyarakat. 

Hasil reses legislator dari daerah pemilihan 1 dibacakan Riskon Fabiansyah, daerah pemilihan 2 dibacakan Dadang Siswanto, daerah pemilihan 3 dibacakan Bunyamin, daerah pemilihan 4 dibacakan Memey Wulandari dan daerah pemilihan 3 dibacakan Juliansyah. 

Baca juga: Ombudsman: Kepatuhan pelayanan publik Kotim tertinggi di Kalteng

Beragam usulan yang disampaikan dari masing-masing daerah pemilihan, mulai dari perbaikan jalan, penambahan ruang kelas, pembenahan irigasi, peningkatan layanan kesehatan, bantuan kegiatan ekonomi, keagamaan dan lainnya. 

Menurut Rinie, aspirasi yang disampaikan  masyarakat kepada anggota DPRD saat reses merupakan usulan sesuai dengan kondisi di lapangan. Untuk itu DPRD berupaya memperjuangkannya sesuai harapan masyarakat. 

Diakui, anggaran pemerintah daerah terbatas sehingga perlu dilakukan skala prioritas dalam pembangunan. Namun dari usulan-usulan yang disampaikan masyarakat melalui DPRD dihadapkan ditindaklanjuti sehingga bisa dipilah mana saja program yang perlu diprioritaskan. 

"Jadi jangan hanya program yang direncanakan pemerintah, tetapi sudah seharusnya program yang didasarkan atas aspirasi masyarakat. Ini perlu diprioritaskan karena murni usulan masyarakat atas kondisi yang terjadi di lapangan," ujar Rinie. 

DPRD mengapresiasi capaian pembangunan selama kepemimpinan Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati. DPRD berharap, laju pembangunan bisa terus ditingkatkan, khususnya yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. 

Baca juga: Bupati Kotim diberi gelar adat Dayak

Baca juga: Bupati Kotim apresiasi dibukanya penerbangan Palangka Raya dan Pangkalan Bun

Baca juga: DPRD Kotim dorong pembangunan jalan di kawasan seberang dilanjutkan