AFK Kotim mulai pemusatan latihan 40 atlet hadapi Porprov Kalteng

id AFK Kotim mulai pemusatan latihan 40 atlet hadapi Porprov Kalteng, Kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, porprov

AFK Kotim mulai pemusatan latihan 40 atlet hadapi Porprov Kalteng

Suasana pemusatan latihan atlet futsal Kotim yang akan diseleksi menjadi tim inti yang akan berlaga pada Porprov XII Kalteng di Sampit pada Juni nanti. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Kotawaringin Timur mulai menggelar pemusatan latihan atau "training center" sebanyak 40 atlet futsal yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah di Sampit pada Juni nanti. 

"Sebelumnya AFK melakukan seleksi di tiga zona dan terpilih 40 atlet, terdiri dari 20 putra dan 20 putri. Selanjutnya mereka mengikuti TC (pemusatan latihan) yang dimulai tanggal 26 Februari lalu," kata Sekretaris AFK Kotawaringin Timur, Adi Wahyudi di Sampit, Selasa. 

Kotawaringin Timur menargetkan sapu bersih medali emas futsal pada Porprov nanti. Untuk itu persiapan dilakukan semaksimal mungkin agar kemampuan tim futsal putra dan putri lebih maksimal saat bertanding sehingga menjadi juara. 

Pemusatan latihan dilaksanakan di gedung tennis indoor di kompleks Stadion 29 November Sampit. Gedung tennis yang berlokasi di Jalan Tjilik Riwut tersebut kini telah diubah menjadi lapangan futsal berstandar nasional. 

Peserta pemusatan latihan diarahkan untuk mengikuti kegiatan dengan baik dan menampilkan kemampuan terbaiknya. Pemusatan latihan akan menjadi bahan evaluasi bagi AFK dalam membentuk tim futsal Kotawaringin Timur yang akan berlaga di Porprov Kalteng. 

Ketahanan fisik akan menjadi penilaian utama bagi para pemain. Penilaian ini sangat menentukan setiap pemain yang akan dipilih menjadi tim inti pada Porprov Kalteng nantinya. 

Baca juga: Bupati Kotim akui sebaran ASN belum merata

Penilaian lainnya yakni taktik bermain dan kekompakan secara tim karena dua faktor ini sangat penting dalam futsal. Tim penilai akan melakukan penilaian secara menyeluruh. 

Selama pemusatan latihan, penampilan setiap atlet akan dinilai dan dievaluasi. Dari 40 orang, nantinya akan diseleksi hingga tersisa 14 orang atlet masing-masing tim putra dan putri. 

Selanjutnya, pemusatan latihan akan ditingkatkan untuk kemampuan seluruh atlet. Diharapkan kemampuan tim semakin bagus sehingga siap bertanding meraih juara. 

Yudi menambahkan, pemusatan latihan akan dilaksanakan hingga gelaran Porprov nanti. Seluruh atlet juga diharapkan terus mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan diri. 

"Kita ingin melihat perkembangan ketahanan fisik para pemain karena sudah dipastikan mereka akan menghadapi pertandingan yang padat nantinya. Saat Porprov Kalteng nanti akan padat laga yang dipertandingkan sehingga membutuhkan ketahanan dan kebugaran fisik pemain," demikian Adi Wahyudi. 

Baca juga: Ketua DPRD Kotim berharap perombakan pejabat mampu tingkatkan kinerja

Baca juga: Kini seluruh kecamatan di Kotim miliki ekskavator sendiri

Baca juga: Bupati Kotim serahkan bantuan untuk korban kebakaran