Jalan Tjilik Riwut km 18 Hampalit dilanda banjir

id Jalan Tjilik Riwut km 18 Desa Hampalit dilanda banjir, kalteng, katingan, kasongan, banjir katingan

Jalan Tjilik Riwut km 18 Hampalit dilanda banjir

Kasatlantas Polres Katingan AKP Hariyanto di lokasi banjir di Jalan Tjilik Riwut Km 18 Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir, Selasa (28/2/2023) pagi. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Kasongan (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Katingan, Kalimantan Tengah, mengimbau pengguna jalan yang akan melalui Jalan Tjilik Riwut Km 18 Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir agar berhati-hati karenablokasi tersebut terendam banjir cukup tinggi.

"Banjir yang terjadi diperkirakan setinggi 30 cm dari permukaan jalan," kata Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana melalui Kasatlantas AKP Hariyanto di lokasi banjir, Selasa.

Menurut dia, penyebab banjir akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak malam sampai pagi yang menerpa wilayah sekitar. Ditambah lagi, gorong-gorong yang ada tidak berfungsi maksimal karena tidak mampu menampung derasnya air.

Mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya menerjunkan petugas ke lokasi. Dengan cekatan, para petugas  memandu dan mengatur pengguna jalan agar lalu lintas berjalan dengan lancar dan selamat.

Dia pun mengimbau pengendara yang melintas dari Kasongan maupun Sampit atau sebaliknya agar selalu berhati-hati dan sabar mengingat genangan air yang cukup tinggi dan jalan yang masih licin. 

Baca juga: Pemkab Katingan optimalkan penyelenggaraan KLA dengan pengintegrasian kebijakan dan program

Pengendara dianjurkan juga agar selalu mengikuti petunjuk petugas. Bila ada pengendara yang mengalami kesulitan, diminta segera menghubungi petugas yang siaga.

"Para pengemudi diharapkan berhati-hati dan mengikuti arahan para petugas sehingga arus lalu lintas tetap lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Dari pengamatan di lokasi banjir, genangan air yang terjadi pada ruas jalan tersebut diperkirakan mencapai panjang 50 meter.

Petugas melakukan pengaturan secara bergiliran. Terlihat berbagai kendaraan baik roda dua, roda empat atau lebih masih bisa melintas dengan lancar. 

Bukan hal yang mengherankan jika ruas Jalan Tjilik Riwut Km 18 Desa Hampalit sering terendam banjir seperti yang terjadi pada Agustus 2022 lalu. Hal itu dikarenakan posisinya berada di dataran rendah atau menurun di banding yang lain.

Baca juga: Pemprov-Bulog lakukan intervensi pasar dorong stabilisasi harga di Katingan

Baca juga: Teras Narang ikut tebar 25 ribu benih ikan papuyu di Danau Bulat Katingan

Baca juga: Listrik padam tiga pekan, PLN Pegatan didemo