Disnakertranskop UKM Barut bina budi daya madu kelulut Desa Lemo II

id madu kelulut lemo,budi daya madu kelulut,desa lemo 2,barito utara,kalteng

Disnakertranskop UKM Barut bina budi daya madu kelulut Desa Lemo II

Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur bersama salah seorang membudidayakan madu kelulut di bawah binaan KPPB Parajakian melihat langsung pembudidayaan di salah satu halaman rumah warga di Desa Lemo II, Selasa (28/2/2023).ANTARA/HO-Disnakertranskop UKM Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, lakukan pembinaan para pelaku budi daya madu kelulut di Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah.

"Kegiatan yang dilakukan ini merupakan monitoring dan pembinaan para pelaku usaha yang beberapa waktu lalu mendapat bantuan dari Bupati Barito Utara Nadalsyah yang diserahkan pada acara di aula Bappedalitbang," kata Kepala Disnakertranskop UKM Barito Utara di Muara Teweh, Rabu.

Dalam kegiatan pembinaan pelaku usaha budi daya madu kelulut di Desa Lemo II ini Kadis Nakertranskop UKM didampingi salah seorang pembina budi daya madu kelulut dan pihak mitra kerja PT PAMA dan PT SMM.

Setelah menerima bantuan tersebut, kata dia, terlihat perkembangannya yang cukup baik dan akan terus dilakukan pembinaan sinergi dengan stakeholder terkait. 

"Terima Kasih kepada Kepala Desa Lemo II dan jajarannya atas dukungannya kepada para pelaku usaha di Desa Lemo II ini," kata dia.

Kunjungan pembinaan ke para pelaku usaha budi daya madu kelulut yang ada di Desa Lemo II ini merupakan binaan dari Koperasi Produsen Pengembangan Bisnis (KPPB) Parajakian Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah.

"Kita harapkan ke depan Desa Lemo sebagai sentra penghasil produk madu kelulut di wilayah Kabupaten Barito Utara di bawah binaan KPPB Parajakian dengan mitra kerja PT PAMA dan PT SMM Group," kata Mastur.

Baca juga: BPJS Kesehatan dan RSUD Muara Teweh wujudkan transformasi mutu layanan

Hengki salah satu budi daya madu kelulut di Desa Lemo II menjelaskan bahwa dirinya membudidayakan madu kelulut ini di halaman rumah dengan 14 log atau tempat sarang madu kelulut. 

"Lebah trigona berukur kecil seperti lalat, bersarang di dalam pohon, dan tidak menyengat. Saat ini dirinya melakukan budi daya madu kelulut di halaman tempat tinggalnya, dengan total sebanyak 14 unit tempat untuk lebah bersarang," ucapnya. 

Untuk khasiat madu kelulut yang rasanya asam manis pun bermacam-macam, mulai dari obat batuk dan flu, bisa dikonsumsi penderita diabetes atau menambah gairah nafsu makan. 

"Madu kelulut kurang pas dikombinasikan dengan makanan. Biasanya madu ini langsung diminum atau dicampur air putih," katanya.

Baca juga: Bupati minta PWI Barut membantu berikan informasi pembangunan