Legislator Seruyan minta jaminan ketersediaan obat di puskesmas

id Legislator Seruyan minta perhatikan ketersediaan obat di puskesmas, kalteng, seruyan, dprd seruyan, Kuala pembuang

Legislator Seruyan minta jaminan ketersediaan obat di puskesmas

​​​​​​​Anggota DPRD Seruyan Masfuatun di Kuala Pembuang, ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Masfuatun  meminta kepada pemerintah melalui Dinas Kesehatan agar memastikan ketersediaan obat-obatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah setempat.

“Kita minta kepada Dinkes Seruyan agar memperhatikan ketersediaan obat di Puskesmas, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Masfuatun di Kuala Pembuang, Minggu.

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinkes Seruyan terkait dengan permasalahan tersebut. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, sehingga ketersediaan obat masyarakat bisa terpenuhi.

“Pada dasarnya, kami dari Komisi C akan berkoordinasi dengan Dinkes agar supaya obat-obatan yang ada di puskesmas itu cukup persediaannya,” ungkap Masfuatun yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi C DPRD Seruyan.

Menurutnya, ketersediaan obat-obatan di puskesmas ini tentunya sangat diperlukan. Artinya, jangan sampai pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu karena ketersediaan obat-obatan di puskesmas sempat habis dan masyarakat kesulitan karena hal tersebut.

Baca juga: DPRD sebut sentra IKM Seruyan perlu dukungan dana

“Kalau obat yang diperlukan masyarakat kosong, tentu ini dapat memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan yang kita miliki,” jelasnya.

Menurut dia, puskesmas memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan kesehatan sendiri menjadi salah satu fokus dari program pemerintah daerah setempat.

Selain itu, puskesmas yang menjadi salah satu  tempat pelayanan kesehatan pertama yang harus mudah dijangkau masyarakat. Untuk menjamin pelayanan kesehatan yang baik di puskesmas maka ketersediaan logistik kesehatan salah satunya obat harus dapat dijamin.

“Demi mendukung peningkatan kualitas pelayanan itu, kita harus memperhatikan banyak faktor, salah satunya adalah ketersediaan obat-obatan tersebut,” harapnya.

Dia menambahkan, pihaknya sebagai wakil rakyat terus berupaya untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang maksimal, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya upaya dan kerja sama semua pihak, termasuk juga masyarakat Seruyan.

Baca juga: Dinkes Seruyan kumpulkan tenaga farmasi puskesmas cegah obat kedaluwarsa

Baca juga: Dinkes Seruyan diminta perhatikan kedaluwarsa obat saat pengadaan untuk Puskesmas

Baca juga: Bapenda Seruyan harapkan masyarakat taat bayar pajak