DPRD Kapuas minta pembagian ribuan bibit pohon lebih merata

id DPRD Kapuas minta pembagian ribuan bibit pohon lebih merata, kalteng, kapuas, DPRD kapuas

DPRD Kapuas minta pembagian ribuan bibit pohon lebih merata

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Yohanes. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Yohanes, meminta pembagian ribuan bibit pohon untuk desa-desa di daerah setempat, dapat lebih merata ke seluruh desa dan tepat sasaran.

"Sehingga berguna untuk masyarakat, dan harapannya bibit itu benar-benar di tanam dan dirawat hingga tumbuh subur, juga untuk penghijauan," kata Yohanes di Kuala Kapuas, Selasa. 

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini sebelumnya mendampingi Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, bersama Wakil Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, membagikan ribuan bibit pohon kepada masyarakat peserta pawai budaya di Kuala Kapuas.

Pembagian bibit pohon tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-217 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Pemkab Kapuas, sekaligus bertepatan peringatan Hari Desa Asri Nusantara.

Baca juga: Bupati Kapuas Ben Brahim resmikan rumah jabatan

Melalui pembagian bibit pohon ini, wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas II yang meliputi Kecamatan Basarang, Kapuas Barat dan Mantangai ini, sangat mengapresiasi pemerintah kabupaten setempat, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bekerjasama dengan BP DAS Kahayan Kementerian LHK telah membagikan ribuan bibit pohon untuk desa-desa yang ada di daerah setempat.

"Kami apresiasi dan dukung Pemkab Kapuas melalui Dinas PMD yang sudah membagi ribuan bibit tanaman pohon buah-buahan ini untuk desa-desa di seluruh Kabupaten Kapuas," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, ada kurang lebih 15 ribu bibit pohon yang terdiri dari lima jenis pohon dibagikan, yakni bibit pohon ketapang kencana, petai, sirsak, tanjung dan durian. Ini dibagikan secara gratis untuk ditanam di seluruh desa.

“Ini sebagai bentuk komitmen kita untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. Dan ini, merupakan bagian program nasional dan untuk Kapuas, kita bekerja sama dengan BP DAS Kahayan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: DPRD Kapuas minta warga terus pelihara kamtibmas selama Ramadhan

Baca juga: Ini harapan DPRD pada peringatan HUT Kapuas

Baca juga: DPRD Kapuas dukung pawai budaya sarana pelestarian