Yang perlu dilakukan sebelum memulai perjalanan mudik

id mudik,persiapan mudik,pulang kampung

Yang perlu dilakukan sebelum memulai perjalanan mudik

Arsip foto - Sejumlah kendaraan pemudik hari raya Idul Fitri 1440 H antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc/aa)

Jakarta (ANTARA) - Agen perjalanan daring (OTA) tiket.com membagikan sejumlah tips untuk membantu Anda mendapatkan pengalaman pulang ke kampung halaman atau mudik dengan aman, nyaman, dan tenang.

Persiapan mudik lebaran memang perlu disiapkan jauh-jauh hari sehingga Anda dapat terhindar dari rasa khawatir selama dalam perjalanan jarak jauh. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan, sebagaimana dikutip dari keterangan pers tiket.com yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Pastikan rumah dalam kondisi aman sebelum ditinggalkan

Perasaan khawatir selama di perjalanan biasanya muncul karena meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuni. Hal ini bisa diatasi memastikan keadaan rumah agar tetap aman.

Anda dapat melapor pada RT dan satpam setempat terlebih dahulu sebelum berangkat. Memasang CCTV dan alarm kebakaran juga dapat dilakukan guna mencegah kemungkinan terburuk. Kemudian, jangan lupa untuk mengunci semua pintu dan jendela serta titipkan rumah pada orang yang dipercaya.

Baca juga: Dishub Kalteng dorong adanya penerbangan ekstra hadapi mudik Lebaran 2023

Periksa seluruh barang bawaan mudik

Sebelum melakukan perjalanan mudik, Anda perlu memeriksa barang bawaan terlebih dahulu. Buatlah daftar barang bawaan yang diperlukan agar tidak ada barang yang terlupakan.

Barang bawaan yang banyak biasanya dapat membuat persiapan mudik Anda menjadi kewalahan. Oleh sebab itu, daftar barang bawaan dapat lebih mempermudah Anda.

Periksa kondisi kesehatan diri dan keluarga

Pandemi COVID-19 yang sudah terkendali tentu memberikan perasaan aman bagi Anda saat dalam perjalanan mudik. Akan tetapi, kesehatan diri dan keluarga tetap perlu diperhatikan. Dengan begitu pengalaman mudik lebaran dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Pemerintah imbau pemudik motor manfaatkan program mudik gratis

Pilihlah moda transportasi yang nyaman bagi Anda

Transportasi yang nyaman penting untuk mendukung pengalaman mudik Anda menjadi lebih maksimal. Anda bisa memilih moda transportasi darat, laut, maupun udara.

tiket.com menyediakan layanan terbaru yang mudah diakses di aplikasi dengan menu "Bus & Travel". Ini dapat menjadi pilihan bagi Anda menikmati mudik lebaran tanpa lelah mengendarai kendaraan pribadi.

Yang tak kalah penting, manfaatkan pula promo yang disediakan dari platform tertentu untuk mudik lebaran, seperti promo dari tiket.com yang menawarkan harga bersahabat dan ramah di kantong.

Baca juga: KAI siapkan 10.920 tiket dengan tarif terjangkau pada masa Lebaran

Baca juga: Maskapai diingatkan tak naikkan harga tiket sewenang-wenang saat mudik

Baca juga: HMID hadirkan program mudik dengan STARGAZER