127 siswa SLTA ikuti seleksi calon anggota Paskibraka

id paskibraka barito utara,seleksi paskibraka,barito utara,kalteng

127 siswa SLTA ikuti seleksi calon anggota Paskibraka

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra bersama pejabat lingkup pemkab setempat foto bersama calon anggota Paskibraka 2023 usai pembukaan seleksi Paskibraka di gedung Balai Antang Muara Teweh, Jumat (31/3/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 127 siswa dari tingkat SMA/SMK/MAN se-Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  2023.

"Dari 151 pendaftar yang melengkap berkas 135 orang, dan berhasil lolos berkas administrasi sebanyak 127 pelajar, dan yang tidak lolos berkas ada delapan orang siswa. Pendaftaran calon paskibraka tahun 2023 ini diikuti sebanyak 26 sekolah (SMA/SMK/MA) di daerah ini," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Utara Edy Nugroho di Muara Teweh, Sabtu. 

Menurut dia, tahapan seleksi paskibraka tingkat Kabupaten Barito Utara 2023 diantaranya adalah, seleksi administrasi dan kesehatan, seleksi parade dilaksanakan oleh tim penilai yang terdiri dari TNI, Polri, DPPI, perangkat daerah dan tim pemeriksa kesehatan.

Selain itu juga, kata Edy, dilaksanakan seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelegensi umum menggunakan aplikasi Perisai Paskibraka BPIP, seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB), kesempatan, seleksi kepribadian (wawancara, penelusuran minat dan bakat, serta penelusuran rekam jejak di media social).

"Seluruh tahapan seleksi dilaksanakan oleh tim dan seluruh tahapan seleksi calon paskibraka tingkat kabupaten Barito Utara tahun ini harus sudah selesai pada 30 April 2023. Dan pemusatan diklat paskibraka diikuti seluruh calon paskibraka yang telah lulus. Yang mana calon paskibraka yang lulus seleksi akan mengikuti pemusatan diklat Calon Paskibraka diasramakan selama 11 hari,” kata dia.

Dia mengatakan untuk 2023 paskibraka yang dicari sebanyak 44 orang utusan pengibar bendera pusaka di untuk tingkat Kabupaten dan empat orang utusan paskibraka yang terdiri dari dua putra dan dua putri untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 

Dalam rekrutmen calon paskibraka ini, menurut dia, telah dilaksanakan dengan pemanfaatan Aplikasi Transfaransi Paskibraka, BPIP yang dapat diakses pada Laman paskibraka.bpip.go.id.

“Dengan admin operator aplikasi transparansi yang bertugas sebanyak dua orang dari Badan Kesbangpol Barut yang sudah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Aplikasi Transparansi Paskibraka yang diselenggarakan oleh BPIP di Jakarta," kata dia.

Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Wakil Bupati Sugianto tahapan seleksi calon paskibraka ini, adalah putra-putri terbaik dari SMA/SMK/MAN, yang ada di Kabupaten Barito Utara. 

Terlepas nanti ada yang terpilih dan tidak terpilih, Wabup berpesan bagi yang tidak terpilih agar tidak berkecil hati dan pesimis, masih ada kesempatan di tahun selanjutnya. 

"Kepada anak-anakku yang nantinya terpilih menjadi anggota paskibraka, saya juga berpesan kalian harus bangga, karena untuk menjadi paskibraka ini tidaklah mudah, semuanya melalui tahapan seleksi yang ketat, dan nantinya berlatihlah secara sunguh-sungguh," kata Wabup Sugianto.