Kumpulan film pendek untuk isi waktu puasa Ramadhan hingga Lebaran

id Film pendek, libur lebaran, idul fitri

Kumpulan film pendek untuk isi waktu puasa Ramadhan hingga Lebaran

Film pendek "Kabar dari Kubur" (2021) karya sutradara Muhammad Rasyid Baihaqi. (ANTARA/HO-jakartafilmweek.com)

Jakarta (ANTARA) - Menjelang akhir Ramadhan, banyak orang yang mulai mengambil cuti dan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman ataupun berlibur bersama keluarga.

Di antara kesibukan untuk menyambut hari Lebaran, beragam aktivitas dapat dilakukan untuk mengisi hari-hari terakhir berpuasa di bulan Ramadhan hingga Lebaran tiba salah satunya yaitu menonton film pendek dengan tema dan cerita yang menarik.

Berikut rekomendasi enam film pendek di Bioskop Online yang cocok jadi teman Anda selama sepekan Ramadhan-Lebaran ini, sebagaimana dikutip dari keterangan pers di Jakarta, Selasa.

"Kabar dari Kubur"
Film berdurasi 22 menit ini mengikuti kisah pak Hari yang baru meninggal dunia namun kembali lagi ke dunia sebagai hantu untuk bertemu dengan anaknya, Abdul, serta meminta doa yang tulus darinya.

Namun, arwah pak Hari yang tidak terlihat membuatnya sulit berkomunikasi dengan Abdul. Meski terkesan misteri, namun film pendek ini bergenre komedi yang dapat menghibur hari-hari Anda selama berpuasa.

Baca juga: Sepuluh sutradara bersatu garap antologi film pendek "Piknik Pesona"

"Jantan"
Berdurasi 17 menit ini membawa kisah seorang siswa teladan yang disuruh mencari tahu siapa yang terus-menerus mencuri kotak amal. Film pendek ini merupakan hasil karya SAE Indonesia.

"Ketupat dan Opor Lebaran"
Sebuah keluarga mencoba untuk menjalin hubungan kembali dengan orang tua mereka yang sudah lama tidak bertemu pada bulan Ramadan.

Meski berdurasi singkat yaitu hanya sekitar 6 menit, namun film pendek arahan Aldis Elwan ini akan mewarnai hari berpuasa Anda dengan cerita dramanya.

"Membicarakan Kejujuran Diana"
Bercerita tentang Diana, seorang siswi SMA yang menjadi tokoh kontroversial di media sosial karena videonya yang dia unggah sebagai tugas kelasnya.

Film yang diproduksi pada 2021 oleh Kembang Layar Indonesia dengan durasi sekitar 27 menit.

"Mole"
Diproduksi oleh Studio Dewe, "Mole" bercerita tentang Surip, 12 tahun, yang ingin membasuh kaki ibunya sebelum Hari Raya tiba namun terpaksa mencuci kaki sang bapak sebagai gantinya.

Film arahan sutradara Dimas Dwi Wardhana ini cocok untuk ditonton menjelang Hari Raya Lebaran.

"Berdamai dengan Raqib dan Atid"
Seorang nenek yang melihat anggota jemaah pengajiannya meninggal di depan matanya menjadi paranoid terhadap perbuatannya dan orang lain.

Dengan durasi 21 menit, film pendek ini mengajak penonton untuk memahami kehidupan dari seorang nenek yang mencoba berdamai dengan paranoidnya.