OpenAI hadirkan 'Mode Penyamaran' pada ChatGPT

id OpenAI ,ChatGPT,Mode Penyamaran

OpenAI hadirkan 'Mode Penyamaran' pada ChatGPT

FILE PHOTO: OpenAI and ChatGPT logos are seen in this illustration taken, February 3, 2023. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo (REUTERS/DADO RUVIC)

Jakarta (ANTARA) - OpenAI memperkenalkan apa yang disebut seorang karyawan sebagai "mode penyamaran" untuk chatbot populer ChatGPT, yang tidak menyimpan riwayat percakapan pengguna atau menggunakannya untuk meningkatkan kecerdasan buatan, kata perusahaan tersebut pada Selasa.

Startup yang berbasis di San Francisco juga mengatakan bahwa mereka berencana untuk meluncurkan langganan "ChatGPT Business" dengan kontrol data tambahan.

Langkah ini dilakukan ketika perhatian semakin meningkat tentang bagaimana ChatGPT dan chatbot lainnya mengelola data ratusan juta pengguna, yang biasanya digunakan untuk meningkatkan atau "melatih" kecerdasan buatan.

Baca juga: Baidu China batalkan 'streaming' peluncuran produk mirip ChatGPT

Bulan lalu, Italia melarang ChatGPT karena kemungkinan pelanggaran privasi, dan mengatakan OpenAI dapat melanjutkan layanan jika memenuhi tuntutan seperti memberikan konsumen alat untuk menentang pengolahan data mereka. Prancis dan Spanyol juga mulai menyelidiki layanan tersebut.

Mira Murati, chief technology officer OpenAI, mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan tersebut patuh pada hukum privasi Eropa dan bekerja untuk meyakinkan regulator.

Fitur baru ini tidak muncul dari pelarangan ChatGPT di Italia, katanya, tetapi dari upaya berbulan-bulan untuk menempatkan pengguna "di kursi pengemudi" terkait pengumpulan data.

"Kami akan semakin bergerak ke arah ini dengan memprioritaskan privasi pengguna," kata Murati, dengan tujuan agar "sepenuhnya tanpa pengawasan dan model-model tersebut sangat sejalan: mereka melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan," ujarnya seperti dilaporkan Reuters pada Selasa (25/4) waktu setempat.

Informasi pengguna telah membantu OpenAI membuat perangkat lunaknya lebih andal dan mengurangi bias politik, antara masalah lainnya, katanya, tetapi menambahkan bahwa perusahaan masih memiliki tantangan yang harus dihadapi.

Peluncuran produk pada Selasa memungkinkan pengguna mematikan "Riwayat & Pelatihan Chat" dalam pengaturan mereka dan mengekspor data mereka.

Nicholas Turley, pejabat produk OpenAI yang menyamakan ini dengan mode penyamaran browser internet, mengatakan perusahaan masih akan menyimpan percakapan selama 30 hari untuk memantau penyalahgunaan sebelum secara permanen menghapusnya.

Selain itu, langganan bisnis perusahaan yang tersedia dalam beberapa bulan ke depan tidak akan menggunakan percakapan untuk pelatihan model AI secara default.

Microsoft Corp, yang telah berinvestasi di OpenAI, sudah menawarkan ChatGPT kepada bisnis. Murati mengatakan layanan itu akan menarik bagi pelanggan yang sudah ada pada penyedia cloud. 

Baca juga: AI dinilai bawa potensi sekaligus ancaman bagi bisnis

Baca juga: Awas! Peretas gunakan aplikasi ChatGPT palsu untuk sebarkan malware

Baca juga: Snapchat garap chatbot AI yang ditenagai ChatGPT