Panen pertanian Seruyan belum merata

id Panen pertanian Seruyan belum merata, kalteng, seruyan, panen

Panen pertanian Seruyan belum merata

Kepala DKPP Seruyan Albidinnor di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor 

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan Albidinnor menyebutkan, bahwa saat ini pertanian padi di Kabupaten Seruyan sudah mulai memasuki musim panen untuk periode Oktober-Maret (Okmar), namun belum merata.

“Saat ini pertanian kita sudah mulai memasuki musim panen, mungkin sudah sekitar setengah bulanan yang lalu. Ada beberapa yang sudah panen dan ada juga yang belum,” kata Albidinnor di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk wilayah yang saat ini sudah memasuki musim panen yakni Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur. Sementara itu, untuk musim panen secara merata atau menyeluruh kemungkinan akan terjadi awal Mei 2023.

Menurutnya, sebenarnya untuk panen normalnya seharusnya sudah dilaksanakan pada Maret lalu, namun karena masa tanamnya tertunda sehingga masa panennya juga demikian.

Baca juga: Wabup sebut investasi penting dalam pertumbuhan ekonomi Seruyan

“Padahal kalau normal kita panen itu di bulan Maret, Tapi karena masa tanamnya tertunda, akhirnya musim panennya juga tertunda. Karena pertanian ini kalau musim tanamnya tertunda, musim panennya otomatis juga tertunda. Tidak bisa kita memanen kalau belum waktunya,” ungkapnya.

Penundaan musim tanam di Kabupaten Seruyan terjadi karena banyaknya lahan persawahan masyarakat yang terendam banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi. Selain itu juga, penanaman yang dilakukan tidak secara bersamaan dikarenakan kondisi lahan petani berbeda-beda.

“Kemarin untuk masa tanam periode Okmar ada kendala karena banjir dan saat ini kenapa panennya tidak secara bersamaan dikarenakan saat itu lahan pertanian ada yang terendam dan ada juga yang sudah bisa ditanam, maka dari itu panennya tidak merata terjadi,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, dirinya mengakui bahwa ada beberapa petani yang mengalami gagal panen namun tidak banyak. Dia berharap hasil pertanian di Seruyan dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Baca juga: Disdik Seruyan beri sanksi guru tidak disiplin

Baca juga: Wabup Seruyan harapkan program plasma PBS tepat sasaran

Baca juga: Legislator Kapuas nilai petugas gabungan berhasil berikan pelayanan prima kepada pemudik