Wabup Seruyan harapkan program plasma PBS tepat sasaran

id Pemkab seruyan, wakil bupati seruyan iswanti, kuala pembuang, seruyan, plasma pbs seruyan, perkebunan, kelapa sawit

Wabup Seruyan harapkan program plasma PBS tepat sasaran

Wakil Bupati Seruyan Iswanti. (ANTARA/HO-Prokom Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti berharap pelaksanaan program plasma yang diberikan oleh perusahaan besar swasta (PBS) khususnya perkebunan kelapa sawit untuk masyarakat tepat sasaran.

“Kita harap program plasma untuk masyarakat dari PBS bisa tepat sasaran, sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar perusahaan,” katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Dia mengatakan, belum lama ini dirinya berkunjung ke salah satu PBS yakni PT Sumur Pandan Wangi (SPW) Kartika di Kecamatan Seruyan Hilir Timur yang akan memberikan program plasma kepada masyarakat.

“Beberapa waktu lalu saya telah menghadiri agenda satu panitia pertimbangan landreform di PT SPW. Yang mana, agenda tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari wacana program plasma perusahaan tersebut,” terangnya.

Baca juga: Legislator Kapuas nilai petugas gabungan berhasil berikan pelayanan prima kepada pemudik

Ia mengatakan yang paling penting adalah agar program plasma tersebut betul-betul tepat sasaran. Artinya, mereka yang menerima harus masyarakat yang memiliki KTP Seruyan.

“Harus yang ber-KTP Seruyan dan benar-benar berdomisili di Seruyan. Jangan, KTP-nya saja Seruyan, tapi orangnya tidak tinggal di sini. Jadi yang menikmati benar-benar warga Kabupaten Seruyan, jangan sampai orang luar Seruyan,” tegasnya.

Lanjut dia menambahkan, adapun untuk luasan lahan yang akan dijadikan plasma tersebut yakni berjumlah 140 hektare dan nantinya dibagikan kepada 143 kepala keluarga (KK) desa binaan PT SPW Kartika, yakni Desa Sungai Bakau dan Kartika Bhakti di Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

“Nanti pada saat penyerahan SK dan sertifikat akan saya undang lagi rekan-rekan pers, karena di situ bisa kita lihat apakah betul-betul warga Seruyan yang mendapatkan, sehingga program ini bisa benar-benar maksimal,” tutupnya.

Baca juga: Pemkab Seruyan kembali terima empat dokter peserta internship di 2023

Baca juga: Permudah perizinan di Seruyan, DPMPTSP laksanakan pelayanan Antik