Pemprov diminta tindak lanjuti aspirasi masyarakat dapil V DPRD Kalteng

id DPRD Kalimantan Tengah, Y Freddy Ering, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

Pemprov diminta tindak lanjuti aspirasi masyarakat dapil V DPRD Kalteng

Juru bicara dapil V DPRD Kalteng Y Freddy Ering saat ditemui di ruang Komisi I DPRD Kalteng, kemarin. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Juru bicara anggota DPRD Kalimantan Tengah yang terpilih dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Y Freddy Ering mengingatkan dan meminta kepada pemerintah provinsi setempat, agar menindaklanjuti berbagi aspirasi dan usulan yang telah diterima pihaknya pada saat reses beberapa waktu lalu.

Berbagai usulan dan aspirasi masyarakat di dapil V itu pun telah dilaporkan dan disampaikan dalam rapat paripurna DPRD yang turut dihadiri langsung Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, kata Freddy Ering di Palangka Raya, Kamis.

"Jadi, pemprov melalui dinas atau badan terkait sesuai tugas pokok dan fungsinya, dapat memasukkan berbagai aspirasi dan usulan tersebut ke dalam program," ucapnya.

Adapun aspirasi dan usulan yang diterima Anggota DPRD Kalteng dari dapil V yakni, program bedah rumah, penyediaan sarana air bersih, pemberian honor guru SD PAUD dan Mantir serta Damang, perbaikan jalan desa, pagar sekolah SMP/SMA, jembatan, jalan usaha tani, pembangunan jaringan listrik ke sejumlah desa yang belum dialiri listrik, memperbaiki jaringan irigasi maupun parit, dermaga, PLTS,  penanganan abrasi longsor jalan desa, jembatan timbang, sawah dan sumur bor.


Kemudian, lanjut Freddy Ering, perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan dari Palangka Raya bawah menuju Kurun - Gohong - Kanamit - Dadahut hingga ke Mantangai. Sebab, kondisi jalan tersebut sudah mengalami kerusakan dan sering tergenang air pada saat musim hujan.

"Ada juga yang menyampaikan usulan pemberian bantuan pupuk, pestisida, bibit sawit, pisang, karet, bibit ternak Sapi, Babi, Ikan dan traktor pengolahan lahan. Untuk detail wilayah dan bentuk usulan ataupun aspirasi sudah kami cantumkan ke dalam laporan hasil reses dapil V," ungkap dia.

Baca juga: Seluruh anggota DPRD Kalteng dari PDIP kembali dicalonkan di pemilu 2024

Ketua Komisi I DPRD Kalteng membidangi Pemerintahan, Hukum dan Keuangan ini juga menyebut bahwa berbagai aspirasi atau usulan yang disampaikan. Selanjutnya akan disesuaikan dengan kewenangan atau urusan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah, melalui instansi dinas terkaitnya.

Di mana dari beberapa desa/kelurahan yang sudah dikunjungi, ada beberapa permasalahan yang mengemuka, diantaranya masalah infrastruktur jalan, seperti di Desa Tangkahen, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau yang meminta kepada pemerintah daerah agar dapat membuat Siring/Turap.

"Usulan ini sangat penting, mengingat daerah tersebut kerap mengalami erosi dan longsor karena berada di bantaran sungai Kahayan, sehingga dinilai cukup berbahaya hingga jalan dan pemukiman penduduk desa setempat," demikian Freddy Ering.

Baca juga: Keterlibatan perempuan Kalteng di panggung politik harus terus dioptimalkan

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemprov tindak lanjuti hasil reses di tiap dapil

Baca juga: DPRD Kalteng: APBD belum mampu penuhi perbaiki infrastruktur