Keterlibatan perempuan Kalteng di panggung politik harus terus dioptimalkan

id Fraksi Nasdem DPRD Kalteng, DPRD Kalimantan Tengah, Faridawaty Darland Atjeh, DPRD Kalteng, DPRD, Kalteng, wakil ketua DPRD Kalteng

Keterlibatan perempuan Kalteng di panggung politik harus terus dioptimalkan

Ketua Dewan Penasehat Fraksi Nasdem pendukung DPRD Kalimantan Tengah Faridawaty Darland Atjeh. ANTARA/HO-Fraksi Nasdem.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Penasehat Fraksi Nasdem pendukung DPRD Kalimantan Tengah Faridawaty Darland Atjeh menegaskan bahwa pihaknya, telah komitmen akan selalu mendorong keterlibatan perempuan dalam panggung politik, terkhusus di pemilihan umum tahun 2024.

Keseriusan Nasdem memperbanyak dan mengoptimalkan keterlibatan perempuan tersebut dengan memberikan peluang sekaligus mengajak sebagai calon legilatif padam pemilu 2024, kata Faridawaty yang juga Wakil Ketua III DPRD Kalteng di Palangka Raya, Rabu.

"Kami dari Partai Nasdem juga sangat terbuka dan mendorong anak-anak muda, terkhusus dari kaum perempuan masuk ke dunia politik. Kalau untuk kaum perempuan, Partai Nasdem paling sedikit 30 persen dari kuota calon legislatif di tiap tingkatan," beber dia.

Menurut Ketua Partai Nasdem Kalteng itu, sekarang ini kaum perempuan, termasuk kaum muda-mudi milenial dari tingkat sekolah menengah atas dan pergurun tinggi, harus juga sudah mengerti hak dan tanggungjawabnya untuk bisa turut andil dalam pembangunan kedepan.


"Saya meyakini bahwa kaum muda-mudi di seluruh Indonesia, terkhusus di Kalteng, sudah memiliki kemampuan yang bagus, intelektual tinggi serta kesadaran secara kuat akan arti pentingnya dunia politik di hampir setiap lini kehidupan," kata 
Faridawaty.

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemprov tindak lanjuti hasil reses di tiap dapil

Dia pun mengungkapkan bahwa saat ini ada lima wakil rakyat duduk di DPRD Kalteng dari Fraksi Nasdem, dan hanya dirinya seorang yang mewakili kaum hawa. Hal itulah yang mendasari dirinya menginginkan ke depan akan lebih banyak lagi kaum perempuan yang duduk di DPRD Kalteng dari Partai Nasdem.

"Dengan komitmen yang kuat, kami optimis dan yakin keterlibatan perempuan dalam politik akan terus meningkat," kata Faridawaty.

Sekedar diketahui NasDem Kalteng telah menyiapkan sebanyak 45 bakal calon anggota DPRD tingkat Provinsi yang akan diajukan ke Kantor KPU Kalteng. Komposisi keterwakilan perempuan pada bakal calon anggota DPRD Provinsi telah terpenuhi bahkan melebih ketentuan 30 persen.

Baca juga: DPRD Kalteng: APBD belum mampu penuhi perbaiki infrastruktur

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng segera teruskan aspirasi dokter ke DPR RI

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda tetap fokus perkuat ketahanan pangan