Bupati Sukamara ingin penyelenggaraan festival durian menjadi agenda tahunan

id Pemkab sukamara, kontes durian lokal sukamara, durian, sukamara, buah-buahan

Bupati Sukamara ingin penyelenggaraan festival durian menjadi agenda tahunan

Kontes durian lokal unggulan 2023 di Sukamara, (15/6/2023). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio mengatakan, kontes durian lokal unggulan 2023 merupakan yang pertama digelar oleh pemerintah daerah setempat dengan peserta sebanyak 22 orang.

Kontes ini tujuannya untuk mencari varietas durian unggulan baru dan menyeleksi durian lokal unggulan yang menghasilkan buah berkualitas, katanya di Sukamara, Kamis.

"Agar kemudian dapat dijadikan sumber pohon induk yang diharapkan ke depan dapat dikembangkan dan menjadi buah unggul andalan,” ucapnya.

Menurutnya, hasil kontes tersebut ke depan akan tersusun menjadi agenda rutin tahunan berupa Festival Durian Lokal, sebagai salah satu agenda pariwisata di Sukamara yang dipadu dengan agenda lainnya.

“Semoga ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang menjadi daya ungkit perekonomian bagi petani durian di wilayah ini. Dimana muara akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum,” harapnya.

Baca juga: Pemprov sediakan komoditas pangan strategis harga terjangkau di Sukamara

Windu menyampaikan, buah durian peserta yang nantinya mendapatkan juara I hingga harapan III untuk pohonnya akan dijadikan sebagai indukan dan dikembangkan menjadi bibit, baik melalui okulasi, sisip maupun sambung pucuk.

“Maka dari itu, kami berharap kepada para pemilik pohon durian yang menang agar dengan tulus ikhlas memelihara dan mengembangkan, serta tidak menebang pohon duriannya," pintanya.

Windu juga meyakini sebenarnya buah durian lokal yang ada di daerah setempat memiliki rasa yang tidak kalah enaknya dengan durian jenis lainnya yang sudah terkenal.

Harapannya, dengan adanya kontes ini dapat teridentifikasi jenis durian lokal unggulan yang bisa dikembangkan menjadi salah satu identitas bagi Sukamara ke depan.

Kepala Bappeda Sukamara, Sunardi menambahkan, kontes tersebut sebagai salah satu cara dalam rangka mencari dan menemukan kultivar unggul terutama yang sudah dimanfaatkan tapi belum dilakukan budi daya.

“Pelestarian kultivar unggul yang bisa dikembangkan ke depan, diharap dapat menjadi tanaman budi daya yang cocok dengan iklim dan kondisi tanah di wilayah ini,” terangnya.

Baca juga: Sejumlah perwira Polres Sukamara mengalami pergeseran jabatan, berikut rinciannya

Baca juga: Sukamara akan diramaikan serangkaian kegiatan gabungan