Bupati Kotim: Pembukaan Porprov Kalteng 26 Juli

id Bupati Kotim: Pembukaan Porprov Kalteng 26 Juli, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, porprov, porprov kalteng, bupati kotim, halikinnor

Bupati Kotim: Pembukaan Porprov Kalteng 26 Juli

Bupati Halikinnor Ketua KONI Kotim Ahyar Umar dan Ketua Perpani Kotim Dadang Siswanto saat meninjau lokasi pertandingan cabang panahan, Senin (19/6/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, akhirnya ada kepastian. 

"Sudah diputuskan Pak Gubernur dan disampaikan kepada kami bahwa pembukaan Porprov dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2023 malam. Hari Rabu malam atau malam Kamis," kata Bupati Halikinnor saat memantau latihan atlet panahan, Senin.

Halikinnor didampingi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur Ahyar Umar dan Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kotawaringin Timur Dadang Siswanto. 

Halikinnor mengatakan, dengan telah ditetapkannya tanggal pembukaan Porprov maka semua pihak terkait diharapkan mempersiapkan diri menghadapi ajang bergengsi tersebut. 

Rencananya akan dilaksanakan rapat gabungan dengan pemerintah provinsi dan KONI Kalimantan Tengah untuk membahas masalah teknis pelaksanaan Porprov. 

Untuk lokasi pembukaan, Halikinnor mengatakan hal ini akan dibahas lebih lanjut bersama tim provinsi. Namun opsi lokasinya adalah Stadion 29 November jika hasil pertimbangan nantinya memang memungkinkan. 

Secara khusus Halikinnor meninta Dinas Pemuda dan Olahraga, KONI, pengurus cabang olahraga dan seluruh atlet untuk meningkatkan persiapan agar bisa menampilkan kemampuan terbaik sehingga mampu meraih prestasi. 

Dia meminta para atlet berlatih sungguh-sungguh karena pemerintah daerah sudah berupaya semaksimal mungkin memenuhi keperluan KONI, cabang olahraga dan para atlet dalam mempersiapkan diri. 

Baca juga: Legislator Kotim sebut prosesi wisuda kelulusan sekolah tidak boleh dipaksakan

"Kita ingin meraih sukses besar dalam event ini, yaitu sukses dalam penyelenggaraan dan sukses menjadi juara umum Porprov. Dengan kebersamaan dan semangat habaring hurung, insya Allah target ini bisa kita capai," ujar Halikinnor. 

Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar mengatakan persiapan terus dilaksanakan dan hampir rampung. Semua venue atau tempat pertandingan rata-rata tinggal tahap penyelesaian. 

Ada 29 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Porprov di Sampit. Ada pula cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di antaranya renang karena Kotawaringin Timur belum memiliki kolam renang yang memenuhi standar. 

"Kami bersinergi untuk melakukan persiapan semaksimal mungkin, baik persiapan penyelenggaraan maupun mencapai target menjadi juara umum Porprov. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," demikian Ahyar Umar. 

Baca juga: Masyarakat antusias sampaikan aspirasi langsung kepada Bupati Kotim

Baca juga: Bupati Kotim pastikan perbaikan jalan jadi prioritas

Baca juga: Krematorium Sampit jadi yang pertama di Kalteng