Masyarakat antusias sampaikan aspirasi langsung kepada Bupati Kotim

id Masyarakat antusias menyampaikan aspirasi langsung kepada Bupati Kotim, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, bupati kotim, halikinnor

Masyarakat antusias sampaikan aspirasi langsung kepada Bupati Kotim

Bupati Halikinnor saat berdialog dan menjawab aspirasi warga di Jalan Metro TV Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Jumat (17/6/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Langkah Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah yang meningkatkan kunjungan menemui warga disambut antusias karena menjadi kesempatan menyampaikan aspirasi secara langsung.

"Kami sangat senang karena Pak Bupati menyempatkan waktu untuk berkunjung dan mendengar aspirasi kami. Kami tahu Bapak sangat peduli dengan masyarakat, cuma terkendala kesibukan tugas-tugas Bapak," kata Rony, warga Jalan Metro TV, Jumat. 

Jumat sore usai pulang kantor, Halikinnor menyempatkan waktu berkunjung ke Jalan Metro TV Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Selain memantau perbaikan jalan di lokasi itu, dia juga berbincang santai untuk mendengar aspirasi dan masukan dari masyarakat. 

Banyak aspirasi disampaikan masyarakat, mulai dari perbaikan jalan, lampu penerangan jalan, pembuatan pagar masjid dan mushalla, renovasi masjid, ambulans, peralatan kelompok fardu kifayah, jembatan, bantuan kursi roda hingga kegiatan sosial lainnya. 

Semua langsung dijawab oleh Halikinnor. Ada yang bisa langsung dipenuhi, ada pula yang perlu disurvei dan ada pula yang dipertimbangkan karena menyesuaikan kondisi kemampuan keuangan anggaran. 

Baca juga: Bupati Kotim pastikan perbaikan jalan jadi prioritas

Dia memohon maaf masih banyak aspirasi masyarakat yang belum bisa dipenuhi akibat terbatasnya anggaran. Selain dilanda pandemi COVID-19 sejak awal 2020 lalu yang berimbas pada pemangkasan anggaran oleh pemerintah pusat, saat ini pemerintah daerah juga sedang melunasi sejumlah kewajiban pembayaran proyek tahun-tahun sebelumnya. 

"Alhamdulillah tahun ini insya Allah bisa kita lunasi sehingga mulai tahun depan mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi anggaran yang bisa kita arahkan untuk pembangunan. Mohon doanya," ujar Halikinnor. 

Halikinnor memohon maaf jika selama ini banyak warga yang belum bisa bertemu langsung dengannya. Semua memang karena padatnya jadwal kegiatan setiap harinya. 

Untuk itulah dia berinisiatif untuk semakin sering turun ke lapangan. Jika sedang ada waktu luang, dia menyempatkan untuk berkunjung menemui warga meski saat hari libur. 

Dia senang bisa mendengar aspirasi langsung dari masyarakat. Dengan begitu dia bisa langsung membuat keputusan memerintahkan instansi terkait untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat. 

Baca juga: Krematorium Sampit jadi yang pertama di Kalteng

Baca juga: Bupati Kotim gencar besuk dan bantu warga yang sakit

Baca juga: Sekolah Penggerak di pelosok Kotim berharap dukungan fasilitas