Lexus Korea merilis model listrik murni pertama

id Lexus ,Lexus Korea ,kendaraan listrik,mobil listrik

Lexus Korea merilis model listrik murni pertama

Lexus RZ 450e (ANTARA/HO-Lexus Korea)

Jakarta (ANTARA) - Lexus Korea meluncurkan kendaraan listrik murni pertama mereka, RZ 450e, untuk memenuhi permintaan lokal yang semakin meningkat terhadap model-model kendaraan listrik dan untuk sejalan dengan rencananya menjadi sepenuhnya listrik pada tahun 2035.

SUV besar RZ 450e dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh dan platform kendaraan listrik baterai (BEV) e-TNGA yang dikembangkan oleh perusahaan induknya, Toyota Motor Corp., kata Lexus Korea dalam sebuah pernyataan.

Model bebas emisi ini dapat menempuh jarak hingga 377 kilometer dengan sekali pengisian baterai dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 312 tenaga kuda.

"Elektrifikasi semakin pesat di Korea Selatan seiring dengan permintaan yang semakin meningkat terhadap kendaraan ramah lingkungan. Korea merupakan pasar penting bagi Lexus untuk memahami tren terbaru di pasar otomotif," kata Presiden Internasional Lexus, Watanabe Takashi, dalam sebuah konferensi pers. 

Baca juga: Lexus kenalkan RZ 450e pada ajang Tokyo Auto Salon

Dia mengharapkan rasio kendaraan listrik baterai dalam jajaran produk Lexus Korea akan meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Selain RZ 450e yang sepenuhnya listrik, Lexus meluncurkan versi plug-in hybrid listrik dari SUV generasi kelima RX, yaitu RX450h+, di pasar Korea. Model hibrida bensin RX 350h dan model performa hibrida bensin turbocharged RX 500h F SPORT juga tersedia.

RZ 450e dijual dengan harga antara 85 juta won hingga 93 juta won (sekitar Rp983 juta hingga Rp1,07 miliar) tergantung pada pilihan opsi, sementara model RZ lainnya dihargai antara 97 juta won hingga 116 juta won (Rp1,12 miliar hingga Rp1,34 miliar).

Tahun lalu, Lexus meluncurkan model NX plug-in hybrid listrik di pasar Korea. Demikian disiarkan Yonhap, Rabu (21/6).

Baca juga: Adidas dan Lexus desain RX 500h ala Black Panther

Baca juga: Lexus Korea akan hadirkan model listrik murni pertama tahun depan

Baca juga: Lexus luncurkan 'crossover' mewah teranyarnya RX