Opera One luncurkan fitur asisten virtual berbasis AI

id Opera one,asisten virtual

Opera One luncurkan fitur asisten virtual berbasis AI

Ilustrasi fitur Aria yang hadir pada peramban Opera One. (ANTARA/Opera)

Jakarta (ANTARA) - Opera meluncurkan versi terbaru aplikasi peramban web yaitu Opera One yang menghadirkan fitur asisten virtual dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI) bernama Aria.

Chatbot Aria tersedia pada bagian sidebar aplikasi Opera One yang memungkinkan penggunanya untuk menanyakan informasi, menghasilkan teks atau kode, menerjemahkan dan meringkas tulisan, serta fitur bantuan lainnya.

Menurut laporan The Verge pada Kamis (22/6) waktu setempat, Aria ditenagai oleh mesin Composer AI milik Opera yang terhubung dengan model Chat GPT besutan OpenAI. Setelah menjalani tahap uji coba pada bulan Mei, Opera One kini bisa diunduh oleh para pengguna Windows, Linux, dan macOS.

Untuk menggunakan fitur Aria, pengguna harus memiliki akun Opera terlebih dahulu. Setelah memiliki akun, pengguna dapat memulai percakapan dengan Aria dengan memilih ikon yang terletak pada bagian kiri layar.

Baca juga: Truth, media sosial besutan Trump hadir untuk pengguna web di Mei 2022

Sebelumnya Microsoft telah terlebih dahulu memperkenalkan fitur chatbot berbasis AI pada peramban Microsoft Edge.

Sekilas chatbot AI pada Opera One dan Edge memiliki fitur yang serupa. Namun Aria pada Opera One masih memiliki beberapa kekurangan dibandingkan chatbot Edge.

Adapun kekurangannya antara lain tidak memiliki fitur pintasan untuk menentukan gaya percakapan ketika menanyakan informasi serta pintasan untuk mengatur gaya penulisan, format, dan panjang teks yang ingin dihasilkan sehingga fitur tersebut hanya bisa diakses secara manual.

Selain Aria, Opera One juga menghadirkan fitur baru lainnya yaitu Tab Islands yang dapat mengelompokkan tab sesuai keinginan dengan lebih mudah dan praktis.