Begini cara transfer chat WhatsApp melalui kode QR

id WhatsApp ,chat wa,transfer chat,kode qr

Begini cara transfer chat WhatsApp melalui kode QR

Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (ANTARA/HO-Anton dari Pexels)

Jakarta (ANTARA) - WhatsApp telah mengungkapkan cara baru dan efisien untuk mentransfer riwayat chat dari ponsel lama ke ponsel baru menggunakan sistem berbasis kode QR.

Fitur terbaru perusahaan ini memungkinkan pengguna untuk memigrasi data WhatsApp mereka dengan lancar saat beralih ke perangkat baru yang menggunakan sistem yang sama, baik iOS maupun Android.

Untuk memulai transfer, kedua perangkat harus menyala dan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Pada ponsel lama, pengguna harus pergi ke Pengaturan WhatsApp, lalu pilih Obrolan dan Transfer Obrolan.

Baca juga: WhatsApp tambah dua fitur privasi baru

Menurut lapiran Gizmochina, Jumat (30/6) waktu setempat, ini akan menghasilkan kode QR unik, yang dapat dipindai dari ponsel baru untuk menyelesaikan proses transfer.

Dibandingkan dengan solusi pihak ketiga yang ada, metode transfer data lokal WhatsApp menyediakan langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan.

Data yang dienkripsi hanya dibagikan antara kedua perangkat melalui jaringan lokal, sehingga menjamin pengalaman migrasi yang aman dan pribadi.

Sebelumnya, WhatsApp mengandalkan cadangan cloud untuk memfasilitasi transfer data antara perangkat yang menjalankan sistem operasi yang sama.

Metode transfer lokal baru ini merupakan langkah pertama perusahaan dalam menawarkan solusi yang lebih terpadu untuk migrasi semacam itu.

WhatsApp sudah mendukung migrasi antara perangkat iOS dan Android, namun, metode yang ada sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan kesederhanaan dari proses pemindaian kode QR yang baru.

Selain fitur transfer data, WhatsApp menawarkan fungsionalitas multi-perangkat, yang memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan pesan di berbagai perangkat menggunakan satu nomor telepon.

Perusahaan baru-baru ini memperluas fitur ini untuk mendukung beberapa ponsel, memberikan kenyamanan dan fleksibilitas yang lebih besar bagi penggunanya.