Pemkab Murung Raya dorong Apdesi berperan aktif membangun sinergi

id Pemkab murung raya, apdesi murung raya, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia, kepala desa, pembangunan, puruk cahu, mura, murung raya

Pemkab Murung Raya dorong Apdesi berperan aktif membangun sinergi

Asisten I Setda Murung Raya, Sarampang memukul gong sebagai tanda dibukanya Muscab I Apdesi Kabupaten Murung Raya, Puruk Cahu, Rabu (5/7/2023). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) I yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang, Puruk Cahu, Rabu (5/7).

Asisten I Setda Murung Raya Serampang menyampaikan, pemerintah desa maupun daerah tidak dapat berdiri sendiri, sehingga harus saling bersinergi dengan pemerintah pusat dalam mendukung segala kebijakan serta menjalankan roda pemerintahan.

"Dengan Apdesi di Murung Raya diharapkan dapat berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 10 kecamatan untuk membangun sinergi, sebagai upaya kepaduan strategis antara kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah desa," ucapnya.

Hingga pada akhirnya akan tercipta tata kelola pemerintahan yang mampu melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi maupun meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah perdesaan.

Selain itu, Apdesi diharap menjadi sebuah wadah bagi kepala desa yang ingin menyatukan persepsi, maupun berbagi informasi dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan dalam pembangunan sosial ekonomi kemasyarakatan di tempatnya masing-masing.

Baca juga: Pemkab Murung Raya percayakan pengamanan Pemilu 2024 kepada Polri

"Sebagaimana pemerintah desa sebagai ujung tombak dari penyelenggara pemerintah daerah dituntut memiliki pengetahuan lebih dan mampu melakukan pelayanan yang baik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus membawa perubahan dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan," tegasnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Rusminnuryadin mengatakan, muscab yang dilaksanakan merupakan wujud nyata dari seluruh kades untuk bergerak bersama-sama membangun daerah, khususnya di Murung Raya.

"Pelaksanaan Muscab I Apdesi ini sangat penting dilaksanakan, mengingat organisasi ini dapat meningkatkan hak bagi kami sebagai kades memberikan energi positif untuk pembangunan di Murung Raya tercinta ini," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Murung Raya salurkan 21 sapi kurban

Baca juga: Distransnaker Murung Raya berhasil cetak operator komputer siap kerja

Baca juga: PSSI Murung Raya upayakan pendirian SSB