PSSI Murung Raya upayakan pendirian SSB

id Pemkab murung raya, pssi murung raya, sepakbola murung raya, persatuan sepak bola seluruh indonesia, olahraga, puruk cahu, mura, murung raya, pssi ban

PSSI Murung Raya upayakan pendirian SSB

Dokumentasi - Kunjungan PSSI Murung Raya ke PSSI Bandung beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-PSSI Murung Raya)

Puruk Cahu (ANTARA) - Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Murung Raya, Kalimantan Tengah berencana mendirikan sekolah sepak bola (SSB) di daerah setempat.

"Kita berkeinginan akan lahir sekolah sepak bola berkualitas tinggi di Murung Raya sehingga dimiliki basis data pemain jika sewaktu-waktu diperlukan untuk sebuah kompetisi maupun liga yang membawa nama Murung Raya," kata Ketua PSSI Murung Raya yang juga Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor dihubungi dari Puruk Cahu, Selasa.

Untuk itu Askab PSSI Murung Raya telah melakukan kaji banding ke Asosiasi Kota (Askot) Bandung, Akademi Sepak Bola Persib Cimahi pada Sabtu (24/6). Salah satu materi kajian adalah rancangan mendirikan SSB berkualitas yang terafiliasi dengan Askot Bandung di antaranya akademi Persib Cimahi.

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai Ketua Umum, PSSI terus melakukan berbagai pembenahan. Salah satu yang akan dibenahi adalah standarisasi sekolah sepak bola di seluruh Indonesia.

Terlepas dari itu, asosiasi di kabupaten/kota didorong melakukan penyeragaman pendidikan sepak bola sejak usia dini karena sangat penting. Hal ini mendasari agar usia dini dapat memperoleh teknik dasar sepak bola yang baik dan benar.

Baca juga: Pemkab Murung Raya tingkatkan kapasitas aparatur dalam pengimplementasian Srikandi

Seperti di Kabupaten Murung Raya ke depan diharap banyak hadir sekolah atau akademi sepak bola, sehingga banyak memiliki pemain yang berkualitas di usia dini.

"Pentingnya SSB terdaftar atau terafiliasi dengan PSSI, sehingga Askab PSSI bisa melakukan advokasi jika ada persoalan sengketa pemain di kemudian hari," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Askot PSSI Bandung Yoko Angga Surya mengatakan, jika ingin menghasilkan pemain berkualitas maka harus memiliki sekolah sepak bola atau akademi.

"Melalui itu sejak dini mereka sudah memperoleh teknik bermain bola secara baik," terangnya.

Ia merasa tertantang jika ada kerja sama dan kolaborasi, sehingga mereka bisa mentransferkan ilmu secara langsung. Pihaknya mendorong agar setiap kecamatan memiliki SSB.


Baca juga: Bawaslu Murung Raya dukung peran media massa tingkatkan partisipasi pemilih

Baca juga: Penanganan longsor di Jalan Bukit Manimang gunakan dana CSR

Baca juga: Jajaran DPRD Murung Raya berikan bonus umrah pada STQ XI