Legislator Kalteng minta sarpras rumah sakit di DAS Barito ditingkatkan

id Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Purman Jaya, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, das barito

Legislator Kalteng minta sarpras rumah sakit di DAS Barito ditingkatkan

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah Purman Jaya. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Purman Jaya mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah provinsi, agar turut memberikan perhatian terhadap peningkatan sarana dan prasarana rumah sakit yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

Peningkatan sarpras tersebut sangat penting dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang harus disediakan dan diberikan pemerintah masyarakat di provinsi ini, kata Purman di Palangka Raya, kemarin.

"Apalagi di DAS Barito, ada empat kabupaten. Jadi, perlu ada rumah sakit yang sarprasnya lengkap dan mampu melayani ataupun mengobati berbagai penyakit yang dialami masyarakat," tambahnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu pun mengakui bahwa pihaknya telah berkali-kali menyampaikan usulan terkait peningkatan sarpras rumah sakit yang ada di DAS Barito.

Dia mengatakan apabila pemprov mengalami keterbatasan anggaran, setidaknya peningkatan sarpras tersebut dapat dilakukan secara bertahap di masing-masing kabupaten yang ada di DAS Barito. Dengan begitu, seiring waktu sarpras di setiap rumah sakit akan mengalami peningkatan, dan pelayanan kepada masyarakat pun dapat semakin optimal.

"Kami selama ini sangat mendukung salah satu program prioritas pembangunan dan peningkatan Sarpras Rumah Sakit. Demikian juga keberadaan BPJS yang kami lihat sangat membantu masyarakat," kata Purman.

Baca juga: DPRD Kalteng: Upaya dan keseriusan pemprov tekan inflasi perlu diapresiasi

Legislator Kalteng itu mengapresiasi langkah dan tindakan yang telah dilakukan pemprov dalam meningkatkan sarpras rumah sakit di Kalteng. Hanya saja, menurut dirinya, perlu lebih dipercepat dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk mencari anggaran dari pemerintah pusat dalam peningkatan sarpras rumah sakit.

"Dengan komunikasi dan koordinasi yang intens, kami yakin pemerintah pusat pasti mau menggelontorkan anggaran untuk peningkatan sarpras rumah sakit di provinsi ini. Kami dari DPRD Kalteng pun selalu mendukung langkah pemprov dalam berbagai pembangunan, termasuk peningkatan sarpras di bidang kesehatan," demikian Purman.

Baca juga: DPRD Kalteng berupaya dana operasional RSUD Hanau tersedia di APBD-P 2023

Baca juga: Ketua DPRD: Pj Bupati dan Wali Kota se-Kalteng harapannya dijabat putra daerah

Baca juga: DPRD dorong Pemda se-Kalteng buat program Ikatan Dinas bagi Dokter