Pemprov Kalteng anjangsana ke LKSA peringati HUT RI

id Pemprov kalteng, wagub kalteng, edy pratowo, anjangsana hut ri, hut ke 78 ri, hari kemerdekaan, lksa, lembaga kesejahteraan sosial anak, palangkaraya

Pemprov Kalteng anjangsana ke LKSA peringati HUT RI

Pemprov Kalteng melaksanakan kegiatan anjangsana ke beberapa LKSA, Palangka Raya, Rabu (16/8/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan anjangsana atau kunjungan kasih ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Kota Palangka Raya dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia.

"Kami Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengajak seluruh Pengurus LKSA terus meningkatkan pelayanan, mutu pendidikan serta pembinaan, terutama dalam kepengurusan anak, baik yang memerlukan kebutuhan sosial atau pembinaan," kata Wakil Gubernur Edy Pratowo di Palangka Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, anjangsana ini merupakan wujud nyata silaturahmi antara pejabat pemerintah dan Aparatur Sipil Negara pada lingkup pemerintah provinsi dengan anak-anak maupun pengurus pada LKSA.

"Gotong royong dan berbagi kepada sesama adalah akar dari kebudayaan bangsa kita yang merupakan perwujudan harmoni kebersamaan, yang telah menjadi perekat sosial paling efektif, tanpa memandang ras, suku dan agama untuk mencapai tujuan negara yang luhur," ucapnya saat melaksanakan anjangsana ke LKSA Darissalam.

Edy Pratowo mengatakan dengan semangat berbagi dan bergotong royong, agar bersama-sama saling bersatu padu dan bergandeng tangan membangun Kalimantan Tengah.

"Momen HUT ke-78 ini kita harap bisa menjadi ajang berbagi dengan anak-anak di sini," terangnya.

Baca juga: Sebanyak 280 ASN Pemprov Kalteng terima Satyalancana Karya Satya

Selain itu pada momen HUT ke-78 ini, diimbau agar seluruh pihak dapat mendoakan para pejuang, baik pejuang yang membebaskan negeri dari penjajah maupun pejuang yang memperjuangkan berdirinya Provinsi Kalimantan Tengah.

Adapun dalam anjangsana ini, diserahkan ragam bingkisan bantuan berisikan berbagai barang kebutuhan pokok, keperluan sekolah, dan keperluan pribadi lainnya. Turut mendampingi Ketua I TP PKK Kalteng Bidang Pembina Karakter Keluarga Nunu Andriani, Unsur Forkopimda, serta lainnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Yayasan Darissalam Ustaz Saleh mengapresiasi kunjungan kasih yang dilaksanakan jajaran Pemprov Kalimantan Tengah tersebut.

Dia menjelaskan, Darissalam berdiri sejak enam tahun lalu, jumlah santrinya ada 550 orang terdiri dari 165 putri dan sisanya putra. Sedangkan pada LKS-nya ada sebanyak 46 orang santri, yakni putri 11 orang dan sisanya putra.

Adapun selain anjangsana ke LKSA Darissalam, juga dilaksanakan kegiatan serupa ke LKSA Kasih Karunia yang dipimpin Sekda Kalimantan Tengah Nuryakin. Dalam kunjungan tersebut juga diserahkan bingkisan bantuan untuk LKSA Kasih Karunia.

Baca juga: Nuryakin: DOB Barito Raya percepat peningkatan kesejahteraan masyarakat

Baca juga: PLN UIP-KLB upayakan interkoneksi sistem se-Kalimantan, hasilkan kelistrikan lebih andal

Baca juga: OJK perkuat UMKM Kalteng dukung ekonomi ASEAN