DPRD Kalteng sepakat Raperda APBD-P 2023 dibahas lebih lanjut

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah, kalteng

DPRD Kalteng sepakat Raperda APBD-P 2023 dibahas lebih lanjut

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak saat menerima draff Raperda APBD-P 2023 dari Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di ruang rapat paripurna, Senin (21/8/2023). ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak menyatakan bahwa pihaknya telah sepakat, untuk melanjutkan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-) Tahun 2023, yang telah diterima dari Pemerintah Provinsi.

Naskah Raperda APBD-P itu nantinya akan dibahas ditingkat fraksi dan komisi-komisi yang ada di DPRD Kalteng, kata Abdul Razak usai memimpin rapat paripurna ke-11 masa persidangan II dengan agenda mendengarkan pidato pengantar Gubernur Kalteng terhadap APBD-P 2023, di Palangka Raya, Senin.

"Kita harus melihat dahulu program ataupun kegiatan pemprov yang dianggarkan dalam APBD murni tahun 2023, apakah perlu ada perubahan atau seperti apa. Itu nanti yang dibahas di tingkat komisi," tambahnya.

Menurut Politisi senior Partai Golongan Karya (Golkar) itu, tidak masalah jika ada program baru dimasukkan dalam APBD-P 2023. Sepanjang program atau kegiatan tersebut merupakan kebutuhan dan mendesak dilaksanakan, serta anggaran yang memadai.

"Jika memang program baru itu menyangkut kepentingan masyarakat dan anggaran memadai, ya kenapa tidak dimasukkan. Itulah pentingnya dilakukan pembahasan lebih lanjut," kata Razak.

Baca juga: Legislator Kalteng minta sarpras rumah sakit di DAS Barito ditingkatkan

Dirinya pun memastikan bahwa pimpinan dan anggota DPRD bersama tim Pemprov Kalteng, telah sepakat akan memacu semua proses penyelesaian pembahasan Raperda APBD-P 2023. Sebab, mempercepat semua prosesnya merupakan salah satu cara membantu satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menyerap anggaran, merealisasikan berbagai program dan selesai tepat waktu.

"Setelah rapat paripurna ini, seluruh fraksi pendukung DPRD Kalteng akan memberikan pemandangan umum terhadap draf Raperda APBD-P 2023. Kemudian pemprov Kalteng memberikan tanggapan terhadap pemandangan umum fraksi tersebut. Baru dilakukan pembahasan lanjutan untuk mematangkan berbagai program dan kegiatan," demikian Abdul Razak.

Dalam rapat paripurna tersebut, Abdul Razak didampingi oleh Wakil Ketua II DPRD Kalteng Jimmy Carter, dan pidato pengantar draf APBD-P 2023 disampaikan oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mewakili Gubernur Sugianto Sabran. Rapat Paripurna itu turut dihadiri sejumlah anggota DPR Kalteng dan kepala SKPD di lingkungan pemprov Kalteng.

Baca juga: DPRD Kalteng: Upaya dan keseriusan pemprov tekan inflasi perlu diapresiasi

Baca juga: DPRD Kalteng berupaya dana operasional RSUD Hanau tersedia di APBD-P 2023

Baca juga: Ketua DPRD: Pj Bupati dan Wali Kota se-Kalteng harapannya dijabat putra daerah