Polda Kalteng gelar deklarasi pemilu damai di Palangka Raya

id POlda Kalteng,Pemilu damai,Palangka Raya,Kalteng,Forkopimda ,Irjen Pol Nanang Avianto,Erlan Munaji

Polda Kalteng gelar deklarasi pemilu damai di Palangka Raya

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto menandatangani deklarasi Pemilu damai 2024 yang dilaksanakan bersama seluruh elemen masyarakat, tokoh adat, agama dan TNI-POlri serta FKUB di daerah setempat di Kota Palangka Raya, Kamis (24/8/2023). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalteng gelar deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) damai 2024 di Kota Palangka Raya.

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto di Palangka Raya, Kamis, mengatakan tujuan digelar nya deklarasi tersebut untuk bersama-sama menciptakan suasana dan stabilitas keamanan menjelang Pemilu 2024 atau sesudah Pemilu nanti.

"Deklarasi damai tersebut dihadiri Wakil Gubernur Edy Pratowo, Sekda prov, unsur Forkopimda dan para pejabat utama Polda serta diikuti seluruh elemen masyarakat terdiri dari para tokoh adat, masyarakat maupun agama, serta sejumlah kelompok dan organisasi dari relawan Capres, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) serta Insan Pers di provinsi setempat," kata Nanang.

Dia juga mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan sinergitas antara TNI, Polri, pemerintah serta stakeholder terkait lainnya dengan seluruh elemen masyarakat di provinsi setempat.

"Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Pesta Demokrasi 2024 nanti mulai dari Pilpres, Pileg dan Pilkada dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sukses," bebernya.

Di tempat yang sama Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji menambahkan, bahwa pada momentum deklarasi tersebut Kapolda Kalteng mengajak seluruh instansi, elemen masyarakat, partai politik maupun calon peserta pemilu di daerah setempat untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu 2024 aman, damai dan sukses.

"Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pengucapan deklarasi pemilu damai yang dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum Kalteng dan dilanjutkan penandatanganan dari seluruh partai politik peserta pemilu, FKUB, TNI-Polri serta unsur Forkopimda setempat," demikian Erlan Munaji.

Saat ini tahapan demi tahapan pesta demokrasi di KPU Kabupaten Kota dan provinsi setempat terus berjalan. Bahkan kondusifitas keamanan dan ketertiban di provinsi yang memiliki luas dua kali dari pulau jawa itu, masih relatif aman dan tidak ada gangguan yang menonjol.