Ketua DPRD Seruyan minta Pemkab tingkatkan keterampailan petani

id DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo

Ketua DPRD Seruyan minta Pemkab tingkatkan keterampailan petani

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, ANTARA HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Kalimantan Tengah, meminta Dinas Ketahanan Pengan dan Pertanian setempat agar bisa memberikan edukasi atau sosialisasi kepada petani saat menghadapi kemarau berkepanjangan.

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko  Prasetyo di Kuala Pembuang mengatakan saat ini mayoritas petani di Seruyan menanam padi, namun karena adanya El Nino sehingga masa tanam padi periode Oktober-Maret mengalami keterlambatan, karena lahan yang dimiliki petani mengalami kekeringan.

Eko menegaskan, peran dari dinas teknis sangat penting dalam hal ini, untuk membantu petani mengatasi permasalah yang terjadi.

"Dalam kondisi saat ini, seperti saat kemarau panjang atuapun musim banjir, saya harap pemerintah bisa segera tanggap untuk membantu petani," katanya.

Menurut dia, selain bantuan berupa benih, pupuk dan lainnya yang diperlukan petani, bantuan untuk menambah pengetahuan teknis tentang bagaimana terhindar dari gagal panen dan lainnya, juga penting untuk dilakukan.

Zuli mengungkapkan, petan dinas pertanian, sangat besar untuk membantu petani meminimalisasi gagal panen saat musim tanam, melalui berbagai cara, termasuk pemanfaatan teknologi pertanian.
 
Eko berharap, kalau memang resiko gagal panen tinggi, lebih baik ditanam tanaman pangan lainnya, sehingga petani bisa tetap bekerja dan beraktivitas