DPRD minta Pemkab Seruyan optimalkan pemasaran hasil perikanan

id Dprd seruyan, bejo riyanto, nelayan seruyan, hasil perikanan seruyan, kuala pembuang, seruyan

DPRD minta Pemkab Seruyan optimalkan pemasaran hasil perikanan

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto meminta pemerintah kabupaten setempat melalui Dinas Perikanan (Diskan) membantu optimalisasi pemasaran hasil perikanan.

“Peran dinas sangat penting dalam meningkatkan promosi dalam memasarkan hasil sektor perikanan, bisa menggunakan media sosial dan lainnya, sehingga banyak diketahui dan diminati masyarakat luar maupun dalam daerah,” kata Bejo di Kuala Pembuang, Kamis.

Dia mengatakan, hal tersebut sangat penting karena sampai saat ini masih banyak nelayan mengalami kesulitan memasarkan hasil tangkapan maupun budi daya mereka.

“Kami harap Dinas Perikanan bisa berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan, agar upaya pemasaran itu maksimal," jelasnya.

Baca juga: DPRD Seruyan ingatkan pentingnya optimalisasi pengelolaanalsintan

Dia menyampaikan, hal ini merupakan aspirasi nelayan budi daya di wilayah setempat yang mengaku kerap kali harga hasil panen tidak stabil. Kondisi tersebut sangat mempengaruhi perekonomian dan kesejahteraan nelayan.

“Ini juga menjadi salah satu kelemahan kita, karena saat ini masih belum ada koperasi yang memang bergerak di bidang pemasaran hasil perikanan khususnya petani tambak, dan saya harapkan ke depan ini bisa ditindaklanjuti,” jelasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan dalam memaksimalkan pemasaran juga harus terbangun sinergi antar lini.

“Semuanya harus bersinergi dan kalau memang perlu instansi terkait memberikan edukasi kepada nelayan untuk melakukan promosi, sehingga peminat sektor perikanan Seruyan lebih banyak dengan begitu harga pun bisa lebih stabil lagi,” demikian Bejo.

Baca juga: Waket DPRD Seruyan sebut fasilitas objek wisata perlu pembenahan

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta potensi transportasi udara dimaksimalkan sambut IKN

Baca juga: DPRD Seruyan berharap pemerintah tingkatkan fasilitas pertanian