Ketua DPRD Seruyan minta potensi transportasi udara dimaksimalkan sambut IKN

id Ketua DPRD Seruyan minta potensi transportasi udara dimaksimalkan sambut IKN, kalteng, seruyan

Ketua DPRD Seruyan minta potensi transportasi udara dimaksimalkan sambut IKN

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, ANTARA HO-Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo mengungkapkan, bahwa ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka menyambut rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Salah satunya yakni dengan memaksimalkan sarana transportasi udara yang berada di Kuala Pembuang, sehingga memudahkan akses transportasi menuju IKN tersebut,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Selasa.

Dia mengatakan, akses transportasi itu adalah hal utama yang harus dipersiapkan dalam rangka menyongsong program IKN dan paling utama juga adalah transportasi udara atau penerbangan. Hal tersebut sangat perlu ditingkatkan mengingat Bandar Udara Kuala Pembuang dari segi geografis sangat diuntungkan.

“Secara letak geografis, Bandara Kuala Pembuang merupakan bandara yang sangat jarang sekali terdampak bencana kabut asap, sehingga untuk jadwal penerbangan seperti di musim kemarau ini terbilang masih lancar, makanya potensi ini harus bisa dimaksimalkan,” ungkapnya.

Baca juga: Polda Kalimantan Tengah relokasi puluhan warga ke PT HMBP di Seruyan

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat jarak tempuh menuju IKN maupun sebaliknya. Dengan lancarnya akses transportasi, maka itu akan mempermudah segala sesuatunya.

“Kita yakin apabila akses transportasi tersebut lancar tentu banyak sekali dampak positifnya baik itu dari segi ekonomi dan aspek lainnya, sehingga harapan kita bisa membawa kemajuan bagi kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini,” harapnya.

Ketua DPC PDIP Seruyan itu menambahkan dirinya menyarankan agar pemerintah setempat melalui Dinas Perhubungan agar bisa saling sinergi bersama Kepala Bandara Kuala Pembuang, dalam upaya peningkatan transparansi udara di wilayah setempat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan adanya rencana pembangunan IKN, maka hal ini bisa dimanfaatkan oleh Kabupaten Seruyan dalam artian yang positif.
“Dan kita harus melakukan persiapan untuk menyambut program tersebut karena kita merupakan tentu semuanya perlu disiapkan dari sekarang agar bisa maksimal,” demikian Eko.

Baca juga: DPRD Seruyan minta peran tenaga pengawas pendidikan dimaksimalkan

Baca juga: DPRD Seruyan minta dinas pendidikan perhatikan guru bertugas di desa

Baca juga: Ketua DAD ajak masyarakat terlibat aktif menjaga kamtibmas di Kalteng