Polda Kalimantan Tengah relokasi puluhan warga ke PT HMBP di Seruyan

id Relkasi ,Polda Kalteng,Kombes Pol Erlan Munaji

Polda Kalimantan Tengah relokasi puluhan warga ke PT HMBP di Seruyan

Tim gabungan Polda Polda Kalteng membantu mengangkatkan barang pengungsi yakni warga yang bermukim di perusahaan PT HMBP yang berada di Kabupaten Seruyan, Selasa (26/9/2023). ANTARA/Humas Polda Kalteng   

Palangka Raya (ANTARA) - Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Brimob Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), Direktorat Samapta dan Polres Seruyan merelokasi puluhan warga yang mengungsi di Kantor Kecamatan Seruyan Raya kembali ke PT Hamparan Masawit Bangun Persada (PT HMBP).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kalteng, Kombes Pol. Erlan Munaji di Palangka Raya, Selasa, mengatakan relokasi tersebut dilakukan setelah situasi di PT HMBP dipastikan aman dan benar-benar kondusif.

"Alhamdulillah situasi sudah kembali normal, sehingga para karyawan yang sebelumnya mengungsi di kantor kecamatan bisa kembali beraktivitas di perusahaan. relokasi dipimpin langsung oleh Kapolres Seruyan AKBP Ampi M Von Bulow," kata Erlan Munaji.

Dia menjelaskan, pihaknya merelokasi sebanyak 40 orang warga dan lima unit sepeda motor milik para pengungsi. Relokasi warga tersebut dilakukan menggunakan bus sekolah milik PT HMBP dan tiga unit bus Polda Kalteng dan Polres Seruyan.

"Para karyawan tersebut kami relokasi ke perumahan karyawan di afdeling 1 Estate 1 PT HMBP," katanya.

Baca juga: Tim gabungan Polda Kalteng bersihkan portal jalan di sekitar PT HMBP

Lebih lanjut, Perwira Polri berpangkat melati tiga itu berharap, peristiwa unjuk rasa yang menyebabkan sejumlah fasilitas umum rusak semoga tidak terulang kembali.

"Yang pasti kasihan para karyawan, terlebih anak-anak. Adanya peristiwa tersebut tentunya membuat trauma yang mendalam bagi para anak-anak," bebernya.

Ditambahkan erlan, semoga dengan adanya kejadian serupa juga menjadi pelajaran bagi daerah-daerah lain sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) benar-benar terjamin dan iklim investasi di provinsi setempat berjalan lancar dan tanpa ada hambatan apapun.

"Semoga saja kejadian itu menjadi kejadian yang terakhir dan kejadian serupa tidak terulang lagi di Kalteng khususnya," demikian Erlan Munaji.

Baca juga: Polwan Polda Kalteng cegah trauma anak-anak terdampak unjuk rasa

Baca juga: Tim gabungan Polda Kalteng patroli di sekitar lokasi PT HMBP usai bentrok