Tim gabungan Polda Kalteng patroli di sekitar lokasi PT HMBP usai bentrok

id Polda KAlteng ,Tim Gabungan ,Kabupaten Seruyan ,Desa Bangkal, PT HMBP

Tim gabungan Polda Kalteng patroli di sekitar lokasi PT HMBP usai bentrok

Tim gabungan dari Polda Kalteng dan Polres Seruyan melakukan patroli di kawasan PT HMBP di Desa Bangkal, Kabupaten Seruyan, Jumat (22/9/2023). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Tim gabungan yang terdiri dari personel Polda Kalteng dan Polres Seruyan melakukan patroli di sekitar lokasi bentrok yang terjadi di PT Hamparan Masawit Bangun Persada (HMBP) Desa Bangkal, Kabupaten Seruyan yang baru-baru ini terjadi.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Jumat, mengatakan, tim gabungan tersebut terdiri dari dua peleton personel Sat Brimob Polda Kalteng, dua peleton personel Dit Samapta dan 15 personel Polres Seruyan.

"Personel telah kami terjunkan ke lokasi dengan misi apabila kembali terjadi dan situasi memanas, maka kami akan mengambil langkah evakuasi masyarakat sekitar PT HMBP," kata Erlan Munaji.

Patroli tim gabungan dipimpin langsung oleh Karo Ops Polda Kalteng Kombes Pol Tory Kristianto didampingi oleh Dansat Brimob Polda Kalteng, Kombes Pol Pria Premos dan Direktur Samapta Polda Kalteng Kombes Pol Cahyo Widiarso.

Dijelaskannya, dari hasil patroli yang telah dilakukan hingga saat ini situasi di lokasi bentrok masih dinyatakan kondusif aman dan terkendali.

Untuk meredam kejadian penyerangan kamp karyawan dan guru dari PT HMBP, pihaknya akan bertemu dengan tokoh masyarakat sekitar.

"Selain itu, kami juga saat ini sedang melakukan proses penyelidikan terhadap kamp yang dirusak oleh massa tersebut," ucapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya saat ini terus menerus berupaya meminta keterangan dan menggali informasi dari warga sekitar tentang kejadian yang menyebabkan sejumlah fasilitas umum rusak.

"Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas, agar dapat terwujud investasi yang aman di "Bumi Tambun Bungai" julukan Kalteng," demikian Erlan Munaji.