Pemkab Barut siap berkolaborasi sosialisasikan produk halal bagi UKM

id pj bupati barito utara,perekonomian syariah,masyarakat ekonomi syariah,produk halal,ukm,barito utara,kalteng

Pemkab Barut siap berkolaborasi sosialisasikan produk halal bagi UKM

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis berbincang dengan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di sela-sela munas VI MES di Jakarta, Minggu (1/10/2023).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) setempat siap berkolaborasi untuk melaksanakan program perekonomian syariah dan halal bagi masyarakat di daerah ini.

"Pengurus MES Barito Utara akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menyosialisasikan produk halal bagi UMKM di daerah ini," kata Muhlis di Muara Teweh, Senin.

Kesiapan menjalankan program tersebut setelah Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan MES setempat menghadiri musyawarah nasional (munas) ke-6 MES yang dibuka Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jakarta pada Minggu (1/10).

Menurut dia, MES siap berkolaborasi dengan pemkab setempat untuk mewujudkan perekonomian syariah dan halal bagi masyarakat Barito Utara mulai dari desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten. 

MES Barito Utara, kata dia, sudah menyelenggarakan Sharia Investalk Webinar Chapter 1 dengan tema Gaya Investasi Masa Kini. 

"Kami siap bersinergi untuk memajukan perekonomian syariah sebagai dukungan terhadap pembangunan di daerah ini," katanya.

Ketua Umum MES Pusat Erick Thohir menyampaikan perekonomian syariah di Indonesia telah meningkat 13 persen dan berharap kontribusi MES mampu mendukung Indonesia menjadi pusat perekonomian syariah di dunia, serta mengembangkan keuangan syariah nasional di tingkat pedesaan hingga nasional.

Baca juga: Muhlis resmi dilantik sebagai Penjabat Bupati Barito Utara

"Kepada pengurus MES wilayah dan daerah agar selalu berkoordinasi, kolaborasi dan bersinergi dengan pemangku kepentingan di tempat masing-masing," harap Erick.

Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan pemegang saham ketiga pada Islamic Development Bank, oleh karena itu para Kader MES harus terus memajukan ekonomi dan keuangan syariah terkemuka di dunia. 

"Semoga prestasi MES dapat terus ditingkatkan dalam bingkai kerja ikhlas dan cerdas," pesan Wapres. 

Baca juga: Hari pertama masuk kerja, Pj Bupati Barut rakor bersama OPD

Baca juga: Pj Bupati Barut koordinasikan sistem merit ASN ke KASN RI