Lima fraksi DPRD Barsel setuju raperda APBD 2024 dibahas lebih lanjut

id DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Barito Selatan, kalteng, Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan, barsel

Lima fraksi DPRD Barsel setuju raperda APBD 2024 dibahas lebih lanjut

Suasana rapat paripurna DPRD Barito Selatan di Buntok, Senin (9/10/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Lima fraksi DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 dibahas pada tahap berikutnya.

Hal tersebut disampaikan masing-masing juru bicara lima fraksi pada rapat paripurna 16 masa sidang III DPRD dengan agenda pendapat badan anggaran dan pemandangan umum fraksi, di Buntok, Senin.

Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada DPRD yang telah menerima raperda tersebut dibahas pada tahap selanjutnya.

"Setelah ini, akan dijadwalkan kembali oleh pimpinan DPRD terkait rapat paripurna tentang jawaban Penjabat Bupati terhadap pemandangan umum fraksi," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan, pada prinsipnya, pemerintah kabupaten bersama DPRD dan forkopimda akan selalu bersinergi untuk membangun Barito Selatan.

"Sebelum disampaikan ke DPRD, raperda ini sudah dibahas secara internal terlebih dahulu dan kita juga bersama DPRD sudah membahas Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS)nya,"

Dikatakannya, untuk prosesnya sedang berjalan sesuai dengan regulasi, sehingga bisa dilaksanakan dengan baik, serta taat dengan aturan dan azas. Sedangkan APBD 2024 mendatang difokuskan pada enam urusan wajib pelayanan dasar yakni pendidikan dan kesehatan, 

"Kemudian pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman, ketentraman umum dan ketertiban masyarakat serta sosial untuk penanganan inflasi, stunting dan infrastruktur," kata Deddy.

Baca juga: Erna Ardiani angkat citra Barito Selatan melalui kain khas daerah

Sementara itu, Ketua DPRD Barito Selatan, HM Farid Yusran menyampaikan rapat paripurna kali ini tindak lanjut rapat paripurna sebelumnya mengenai pidato pengantar penyampaian raperda tersebut.

"Dalam rapat paripurna ini, lima fraksi menyetujui raperda tersebut dibahas pada tahap selanjutnya," kata politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Acara rapat paripurna yang berlangsung di Graha Paripurna DPRD Barito Selatan itu dihadiri sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Baca juga: DPRD Barsel dukung pelatihan jurnalistik kembangkan bakat pelajar dalam menulis

Baca juga: Ketua DPRD Barito Selatan ajak masyarakat berpartisipasi aktif tanggulangi karhutla

Baca juga: Penjabat Bupati: Raihan prestasi dua desa wisata di Barsel harus dioptimalkan