DPRD Gumas dorong perangkat daerah berinovasi demi peningkatan pelayanan

id Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar, DPRD Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, gumas, kalteng, Gunung Mas

DPRD Gumas dorong perangkat daerah berinovasi demi peningkatan pelayanan

Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas Akerman Sahidar menyapa para tamu undangan dan peserta kegiatan sosialisasi inovasi perangkat daerah di Kuala Kurun, Senin (16/10/2023). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar mendorong perangkat daerah di lingkup pemerintah setempat untuk terus melakukan inovasi, demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Setiap perangkat daerah saya harap bisa berinovasi, baik itu inovasi tata kelola, inovasi pelayanan publik, maupun inovasi bentuk lainnya," ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

Menurut dirinya, sejauh ini belum semua perangkat daerah di Gunung Mas melakukan inovasi. Hal itu terlihat dari partisipasi perangkat daerah dalam pelaksanaan lomba inovasi perangkat daerah tingkat kabupaten tahun 2023. Apalagi, berdasarkan informasi yang disampaikan Bappedalitbang Gunung Mas saat sosialisasi  inovasi perangkat daerah di Kuala Kurun, Senin (16/10), dari puluhan perangkat daerah yang ada hanya belasan perangkat daerah yang mengikuti lomba inovasi pada tahun 2023 ini.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini berharap ke depan seluruh perangkat daerah mengikuti lomba inovasi tingkat kabupaten.

"Apalagi perwakilan perangkat daerah sudah menandatangani komitmen bersama, di mana mereka akan mengirimkan minimal satu inovasi setiap tahun,” kata pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini.

Dia menegaskan, jangan sampai komitmen bersama hanya dilakukan sebagai kegiatan seremonial belaka. Yang utama, komitmen bersama harus benar-benar dilakukan demi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Pemkab ajak masyarakat Gumas dukung polisi amankan Pemilu 2024

Sebelumnya, Pemkab Gunung Mas melalui Bappedalitbang melakukan sosialisasi inovasi perangkat daerah di Kuala Kurun, Senin (16/10). Kegiatan dirangkai dengan penandatanganan komitmen bersama seluruh perangkat daerah.

Kepala Bappedalitbang Gunung Mas, Yantrio Aulia mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini ke depan diharap seluruh perangkat daerah bisa saling mendukung dan bekerja sama dalam upaya meningkatkan penilaian indeks inovasi daerah.

"Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan minimal satu inovasi setiap tahun," demikian Yantrio Aulia.

Baca juga: Pemkab libatkan berbagai pihak dalam menanggulangi TBC di Gunung Mas

Baca juga: DPRD Gunung Mas dukung penertiban knalpot 'brong'

Baca juga: Pemkab Gunung Mas andalkan inovasi tingkatkan pelayanan