Pemkab ajak masyarakat Gumas dukung polisi amankan Pemilu 2024

id Penjabat Sekretaris Daerah Gunung Mas, Pj Sekda Gunung Mas, Gunung Mas, kalteng, gumas, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Richard

Pemkab ajak masyarakat Gumas dukung polisi amankan Pemilu 2024

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra bersama Pj Sekda Richard dan lainnya memeriksa kesiapan personel saat apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Kuala Kurun, Selasa (17/10/2023). ANTARA/HO-Polres Gunung Mas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Richard mengajak masyarakat di wilayah setempat, agar mendukung kepolisian resort (polres) setempat dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 di daerah itu.

Adanya dukungan dari berbagai pihak ini diharapkan setiap tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan aman serta lancar, ucap kata Richard saat menghadiri apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Kuala Kurun, Selasa.

"Kita nantinya akan menjalin sinergi dengan Polres, TNI, dan juga pengamanan dari masyarakat. Itu semua demi kelancaran seluruh tahapan Pemilu Serentak 2024 di Gunung Mas," sambungnya.

Jika seluruh elemen masyarakat bersinergi, dia yakin setiap tahapan Pemilu Serentak 2024 di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ akan berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Di sisi lain, dia juga mengapresiasi Operasi Mantap Brata 2023-2024, yang disambung pelaksanaan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) dengan skenario pengamanan tempat pemungutan suara (TPS).

"Saya harap pelaksanaan simulasi sispamkota dengan beragam skenario akan semakin menyiapkan personel Polres Gunung Mas, TNI, dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk mengamankan seluruh rangkaian kegiatan pemilu," kata Richard.

Sementara itu, Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra mengatakan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai saat pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden, yakni 19 Oktober 2023.

Dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata 2023-2024 dilakukan selama 222 hari ke depan, di mana Polres Gunung Mas akan melibatkan 182 personel ditambah dari para pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga: Pemkab libatkan berbagai pihak dalam menanggulangi TBC di Gunung Mas

Lebih lanjut, dia juga meminta dukungan dan kerja sama dari masyarakat, supaya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selalu kondusif dan Pemilu Serentak 2024 di Gunung Mas berjalan dengan sejuk.

"Mari bersama menjaga keamanan negara ini dengan melestarikan keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan begitu, kita akan dapat melaksanakan pemilu yang aman, damai, dan demokratis," demikian Asep.

Baca juga: Pemkab Gumas libatkan juru pelihara lestarikan cagar budaya

Baca juga: DPRD Gunung Mas dukung penertiban knalpot 'brong'

Baca juga: Pemkab Gunung Mas andalkan inovasi tingkatkan pelayanan