Petani Kotim dapat bantuan alsintan dari program aspirasi anggota DPR

id Petani Kotim dapat bantuan alsintan dari program aspirasi anggota DPR, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, sekda kotim, Fajrurra

Petani Kotim dapat bantuan alsintan dari program aspirasi anggota DPR

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto (kemeja biru) bersama Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Fajrurrahman dan Kepala Dinas Pertanian Sepnita saat menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian kepada petani di Kotawaringin Timur, Jumat (20/10/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Petani di Kabupaten Kotawaringin Timur kembali mendapat bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang merupakan program aspirasi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto. 

"Kami berterima kasih atas bantuan ini karena sangat membantu. Selama ini kami harus menyewa hand tractor untuk menggarap lahan, tapi dengan bantuan ini kini kami tidak perlu menyewa lagi. Ini tentu sangat memangkas biaya produksi," kata Mugiono, petani dari Kelompok Tani Mentaya Porang Makmur di Sampit, Jumat. 

Mugiono dan rekan-rekannya merupakan salah satu dari puluhan penerima bantuan alsintan melalui dana aspirasi Bambang Purwanto. Kali ini bantuan berupa alsintan bidang hortikultura dan sarana prasarana pertanian. 

Bantuan diserahkan di kantor Dinas Pertanian Kotawaringin Timur disaksikan Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan Kepala Dinas Pertanian Sepnita. Bantuan diserahkan langsung kepada petani penerima bantuan secara gratis. 

Bantuan yang diberikan cukup beragam, seperti melalui kegiatan pekarangan Pangan Lestari atau P2L sebanyak 10 unit, power threser 8 unit, combine harvester 1 unit, ternak sapi 20 ekor, ternak kambing 75 ekor, ternak ayam 500 ekor, peremajaan kelapa dalam 100 hektar yaitu benih siap tanam sebanyak 11.000 batang dan pupuk organik 11.000 kg. 

Selain itu, motor roda tiga sebanyak tiga unit, cultivator 5 unit, hand traktor singkal 6 unit, jalan usaha tani di lima lokasi hand sprayer elektrik 16 unit, hand traktor rotary 3 unit, pengolah pupuk organik 6 unit, mesin pompa air 1 unit, alat pengolah pupuk organik 4 unit dan pupuk organik cair 9 unit. 

Sekretaris Daerah Fajrurrahman memuji kepedulian Bambang Purwanto terhadap petani di Kotawaringin Timur. Dia menyampaikan terima kasih karena bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi petani di daerah ini. 

"Saya lihat tadi daftar bantuannya sangat banyak. Beliau konsisten membantu petani kita di Kotawaringin Timur. Ini tentu bukan hanya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani, tetapi juga untuk mendukung ketahanan pangan," kata Fajrurrahman. 

Menurutnya, hal ini juga buah kerja sama yang baik pemerintah daerah dengan Bambang Purwanto selalu anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah. 

Baca juga: Bupati Simalungun puji prestasi Pemkab Kotim

Dia menyebut, ketahanan pangan sangat penting dan menjadi perhatian dunia. Bahkan saat ini setidaknya ada 22 negara sudah menghentikan ekspor pangan karena menjaga ketahanan pangan negara mereka di tengah situasi krisis pangan. 

Peningkatan sektor pertanian akan mewujudkan kemandirian dan mengurangi ketergantungan pangan dari daerah lain. Untuk itu bantuan alsintan tersebut harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk meningkatkan hasil pertanian. 

"Pangan juga berkaitan dengan kedaulatan negara. Petani berperan besar dalam mewujudkan ketahanan pangan. Kita berharap mampu mendorong petani kita agar mampu berdaya saing dan maju," harap Fajrurrahman. 

Kepala Dinas Pertanian, Sepnita menyampaikan terima kasih atas komitmen kepada Bambang Purwanto dalam membantu petani di Kotawaringin Timur. Ini bantuan periode keempat yang direalisasikan Bambang dan kali ini jenis bantuan sangat bervariasi. 

"Dana aspirasi beliau terbanyak untuk Kotim. Ini tentu sangat kita apresiasi. Tahun-tahun sebelumnya Pak Bambang fokus bantuan alat dan mesin pertanian, tahun ini lebih variatif sesuai kebutuhan petani. Ada pelatihan dan bimbingan teknis peternakan, hortikultura dan tanaman pangan, serta bantuan lainnya," ujar Sepnita. 

Sementara itu anggota DPR RI Bambang Purwanto mengatakan, dirinya sangat serius berupaya membantu petani di Kalimantan Tengah, termasuk di Kotawaringin Timur. Untuk itu dia memperjuangkan berbagai bantuan melalui dana aspirasi yang menjadi kewenangannya. 

"Saya mengingat masyarakat masih banyak yang pakai cangkul. Makanya saya terus berusaha semaksimal mungkin membantu pertanian di daerah kita di Kalimantan Tengah ini," kata Bambang. 

Dia meminta petani memanfaatkan dan merawat dengan baik alsintan yang diberikan. Dia akan terus berupaya memperjuangkan bantuan untuk petani di daerah ini agar pertanian semakin meningkat. 

"Saya minta, tolong gunakan untuk kepentingan kelompok, bukan untuk pribadi. Kalau kurang, tahun depan bisa diperjuangkan. Mudah-mudahan ini menjadi produktif karena potensi lahan pertanian kita masih luas," demikian Bambang Purwanto. 

Baca juga: Hujan belum mampu padamkan kebakaran di lahan gambut tebal

Baca juga: KPPN Sampit beri 21 penghargaan instansi berkinerja terbaik

Baca juga: Bea Cukai Sampit tingkatkan kolaborasi cegah kerugian negara