Pemain naturalisasi asal Brasil bela Indonesia di Piala Dunia U-17

id Welber Jardim,naturalisasi,brasil,timnas ,indonesia,piala dunia u-17

Pemain naturalisasi asal Brasil  bela  Indonesia di Piala Dunia U-17

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Welber Jardim usai menjalani latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (30/10/2023). ANTARA/Mario Sofia Nasution/am.

Jakarta (ANTARA) - Pemain naturalisasi asal Brasil Welber Jardim mengatakan dia bersama rekan-rekan di Timnas U-17 berlatih keras dalam mempersiapkan diri berlaga di Piala Dunia U-17 yang dimulai pada 10 November 2023.



“Kami berlatih keras agar bisa main bagus buat Piala Dunia U-17,” kata Welber seusai latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin.



Pemain berposisi bek sayap ini mengaku sangat menikmati menjalani latihan bersama rekan-rekannya di Timnas U-17.



“Kami latihan ada momen serius, ada juga momen bercanda,” kata dia.



Menurut dia seluruh pemain dan pelatih fokus dalam menghadapi Piala Dunia U-17 terutama untuk pertandingan pertama menghadapi Ekuador.



“Kami fokus pertandingan pertama dan pertandingan selanjutnya di babak penyisihan grup agar dapat lolos,” kata dia.



Welber mengaku mengalami persoalan dengan cuaca panas di Indonesia tapi dia terus berlatih keras untuk beradaptasi dengan cuaca sehingga tidak lelah dalam bertanding.



Ia mengatakan dirinya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17 dan ia sangat antusias karena langsung bermain di Piala Dunia U-17.



“Saya diberi kesempatan bermain di Piala Dunia, jadi saya ikut,” kata dia



Ia mengatakan ibunya orang Indonesia dan sejak kecil dia berbicara terus sama ibunya dengan Bahasa Indonesia. Namun, karena pergi ke Brasil kemampuan Bahasa Indonesianya menurun



“Waktu kecil saya di Indonesia dan ibu saya dari Indonesia juga,” kata dia.



Sementara pelatih kepala Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengatakan pemain diaspora yang ikut dalam tim ini merupakan pemain yang memiliki keterampilan mumpuni.



Ia mengatakan Welber ini ikut SSB di Brasil dari bawah lalu direkrut oleh Sao Paolo melalui talent scouting untuk bergabung dengan tim mereka



“Mereka tidak membayar lalu ikut sekolah di sana tapi memang hasil pemantauan bakat tim tersebut,” kata dia.



Begitu juga Amar Brkic saat ini bergabung dengan Hoffenheim dan dia mendapatkan gaji dari tim di sana.



“Hari ini Amar bergabung dengan kami karena dirinya masih ikut berlaga di sana beberapa waktu lalu. Kami berharap dia segera bergabung agar cepat beradaptasi,” kata dia.