Kejutan, Bastianini juara MotoGP Malaysia

id Enea Bastianini,ducati lenovo,juara,motogp malaysia,sirkuit sepang

Kejutan, Bastianini juara MotoGP Malaysia

Pembalap Ducati Lenovo Team Enea Bastianini memacu kecepatan pada sesi latihan bebas 1 MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (13/10/2023). . ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Spt. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Jakarta (ANTARA) - Kejutan datang dari Sirkuit Internasional Sepang, di mana bukan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) maupun Jorge Martin (Prima Pramac), melainkan Enea Bastianini (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Malaysia, Minggu.

Ini merupakan kemenangan pertama Bastianini untuk MotoGP musim ini, setelah harus bergelut dengan cedera dan melewati sejumlah putaran penting.

Mengenai jalannya balapan, Bagnaia yang merupakan polesitter MotoGP Malaysia, segera berakselerasi, sebelum akhirnya Martin sempat menyalipnya sesaat hingga Bastianini merebut posisi terdepan dari kedua pemimpin klasemen.

Bastianini pun terus tampil dominan dari awal lap pembuka hingga penghujung balapan, dan tak pernah disalip oleh para pembalap kuat lain di belakangnya.

Pembalap yang dijuluki “The Beast” tersebut pun memastikan comeback solid dan berada jauh di depan juara Sprint MotoGP Malaysia Alex Marquez maupun Bagnaia — juara MotoGP Malaysia tahun lalu.

“Saya merasa ini adalah hal terbaik. Saya sangat lelah, tapi mental dan hati saya merasa 100 persen, terutama setelah musim yang begitu berat. Teman-teman dan tim selalu mendukung dan saya sangat berterima kasih karena mereka membuat saya tidak menyerah,” kata Bastianini dalam wawancara singkat setelah balapan.
 

Finis di posisi kedua adalah Alex Marquez (Gresini Racing) dengan margin 1,535 detik. “Saya sendiri tidak menyangka bisa melakukan apa yang saya lakukan hari ini, terutama dari segi fisik (yang masih baru pulih dari cedera),” ungkap Alex Marquez.

Sementara, Bagnaia mengamankan podium terakhir di Malaysia setelah terpaut jarak 3,562 detik dari rekan satu timnya, dan masih memuncaki klasemen sementara musim ini dengan total 412 poin.

“Saya mendapati masalah dengan rem, berusaha untuk mengejar Alex (Marquez) tapi karena ada masalah itu membuatnya menjadi semakin sulit. Tapi, bagaimana pun, saya merasa senang dengan balapan hari ini,” ujar Bagnaia.

Di sisi lain, pesaing terbesar untuk perebutan gelar juara dunia musim ini, Martin, finis di P4 dengan jarak waktu 10,526 detik dari Bastianini. Ia masih berada di posisi kedua klasemen sementara dan terpaut 14 poin dari Bagnaia.

Sementara melengkapi lima besar, ada Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang dengan apik merebut posisi tersebut dari Marco Bezzecchi (Mooney VR46) di lap terakhir balapan.

Sementara itu, putaran selanjutnya untuk MotoGP musim ini akan berlanjut ke Qatar pekan depan, sebelum akhirnya rangkaian ditutup di Valencia.