Bastianini: Capaian di MotoGP Portugal sesuatu yang istimewa

id Enea Bastianini ,juara ,motogp,portugal

Bastianini: Capaian di MotoGP Portugal sesuatu yang istimewa

Pembalap Ducati Italia yang berada di posisi kedua Enea Bastianini merayakan di podium usai balapan MotoGP Grand Prix Portugal di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao pada Minggu (24/3/2024). (ANTARA/AFP/Patricia De Melo Moreira)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap tim Ducati Lenovo Enea Bastianini mengatakan podium kedua yang diraihnya pada race MotoGP 2024 Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu adalah sesuatu yang istimewa.

Hal ini dikatakan Bastianini karena Sirkuit Algarve bukan merupakan sirkuit favoritnya sehingga raihan podium kedua ini sangat membanggakan bagi dirinya.

“Ini adalah hasil yang istimewa bagi saya, karena Portimao bukan salah satu trek favorit saya. Tentu saja, ini adalah sirkuit yang sangat bagus, namun sebelum akhir pekan ini saya belum pernah bisa menjadi sangat kuat di sini,” kata Bastianini seperti dilansir dari laman resmi Ducati Corse, Senin.

Memulai balapan dari pole, Bastianini bersaing di posisi tiga besar bersama pemenang sprint Maverick Vinales yang ada di posisi kedua dan Jorge Martin di posisi pertama.

Baca juga: Bagnaia maklumi insidennya dengan Marquez

Terus menguntit Vinales dan Martin di posisi ketiga, pada lap terakhir pembalap 26 tahun itu berhasil mengambil posisi kedua dari Vinales di trek lurus garis start dan dengan nyaman menyelesaikan balapan sampai garis finis tanpa gangguan setelah pembalap tim Aprilia Racing itu terjatuh.

“Kami bertiga di depan melakukan tarik ulur sepanjang balapan, namun pada akhirnya kemenangan adalah tugas yang mustahil hari ini,” kata Bastianini.

“Memiliki Maverick di depan saya membuat hidup saya sedikit lebih rumit karena dia sangat kuat di sektor keempat, dan saya tidak pernah bisa cukup dekat dengannya di sisa lap,” lanjutnya.

“Segalanya mungkin akan lebih mudah jika saya berada di depannya, tapi saya sedikit gugup di lap pembuka dan membuat terlalu banyak kesalahan,” tambahnya.

Podium ini membuat Bastianini berada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 39 poin, terpaut tiga poin dari Brad Binder di posisi kedua, dan 21 poin dari Jorge Martin sebagai pemimpin klasemen.

Seri ketiga MotoGP musim ini akan dimainkan di Amerika Serikat tepatnya Sirkuit Amerika, pada 12-14 April mendatang.