Warga Palangka Raya diimbau jaga kesehatan di musim hujan

id DPRD Palangka Raya,Kalteng,Mukarramah

Warga Palangka Raya diimbau jaga kesehatan di musim hujan

Legislator Kota Palangka Raya Mukarramah. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua II Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Mukarramah mengimbau warga di daerah setempat untuk menjaga kesehatan saat musim penghujan.

"Banyak warga yang sakit baik itu karena demam, pilek, batuk dan lain sebagainya karena perubahan cuaca dari panas ke penghujan sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik," katanya di Palangka Raya, Minggu.

Ia menuturkan, agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik warga yang ada di Kota Palangka Raya disarankan perbanyak konsumsi makanan yang bervitamin seperti buah dan lain sebagainya.

Kemudian masyarakat hal yang bisa menjaga stamina tubuh yakni perbanyak olahraga di luar ruangan dan perbanyak berjemur di panas terik matahari pada pagi hari.

"Kalau hal itu semua sudah dilaksanakan saya yakin daya tahan tubuh kita akan tetap terjaga dengan baik dan tetap bugar serta tidak mudah diserang penyakit," bebernya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, saat musim penghujan seperti ini banyak warga yang terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akut (Ispa). Dugaan penyebab tubuh terserang ispa adalah tidak menjaga makanan.

"Misalnya makanan yang berminyak seperti gorengan serta makanan yang kurang sehat di musim seperti ini," ungkap Mukarramah.