Pemkot Palangka Raya perkuat pengembangan wisata berbasis masyarakat

id Pemkot Palangka Raya perkuat pengembangan wisata berbasis masyarakat, kalteng, ekonomi, Palangka raya, pemprov Kalteng

Pemkot Palangka Raya perkuat pengembangan wisata berbasis masyarakat

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu. ANTARA/HO-Protokol Komunikasi Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya memperkuat pengembangan wisata berbasis masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan.

"Upaya ini kami laksanakan melalui program gerakan masyarakat sadar wisata. Melalui program ini kami menargetkan terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar objek atau destinasi wisata," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Pernyataan itu diungkapkan wanita berhijab itu saat dikonfirmasi terkait pengembangan Pariwisata Danau Air Hitam Kereng Bangkirai dan peresmian dermaga di kawasan wisata setempat.

"Kami memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di sekitar objek atau destinasi wisata. Terlebih pembangunan pariwisata menjadi langkah strategis pemerintah guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Melalui program Gerakan Masyarakat Sadar Wisata, pihaknya ingin warga di sekitar kawasan objek wisata dapat memberikan rasa aman, nyaman dan betah bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

Masyarakat juga harus menjaga kerapian, keramahan dan kebersihan serta merawat setiap fasilitas di kawasan objek wisata tetap dalam kondisi baik.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya perkuat pengembangan wisata berbasis masyarakat

"Jika pengunjung merasa aman, nyaman dan betah maka suatu saat wisatawan ini akan kembali berwisata. Bahkan bisa jadi mereka nantinya akan mengajak sanak, kerabat atau kolega menikmati suasana alam di objek wisata tersebut," katanya.

Menurut Hera, objek wisata Air Hitam Kereng Bangkirai merupakan salah satu objek wisata favorit di Kota Palangka Raya karena memiliki pesona dan keindahan alam berupa air hitam dan lahan gambut.

“Oleh sebab itu agar objek wisata ini tetap terlihat indah dan menarik maka penting bagi kita semua untuk menjaga kebersihannya, salah satu caranya ya dengan tidak membuang sampah sembarangan,” kata Hera.

Sebelumnya, terkait program pembangunan dermaga dan program Masyarakat Sadar wisata di Kawasan Danau Air Hitam Kereng Bangkirai, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalteng, Taufik Saleh menyebutkan bahwa pihaknya sangat mendukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia.

Melalui program tersebut Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalteng memberikan bantuan terhadap kawasan wisata Kereng Bangkirai berupa fasilitas pembayaran digital atau QRIS, gerobak jualan, tenda, hingga dermaga baru tersebut.

“Harapan saya dengan adanya bantuan yang diberikan dapat meningkatkan jumlah wisatawan dan menggerakkan roda perekonomian warga sekitar,” demikian Taufik

Baca juga: SKIPM: Nilai ekspor produk perikanan Kalteng capai Rp2 miliar.

Baca juga: Pemkot subsidi ongkos angkut kepada distributor beras di Palangka Raya

Baca juga: Atlet Palangka Raya berprestasi di Porprov Kalteng 2023 terima bonus