Google Play Store luncurkan fitur 'uninstall' aplikasi dari jarak jauh

id Google Play Store,fitur 'uninstall' ,'uninstall' aplikasi dari jarak jauh

Google Play Store luncurkan fitur 'uninstall' aplikasi dari jarak jauh

FILE PHOTO: The Google logo is pictured atop an office building in Irvine, California, U.S. August 7, 2017. REUTERS/Mike Blake/File Photo (REUTERS/MIKE BLAKE)

Jakarta (ANTARA) - Google Play Store dikabarkan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan uninstall, menghapus, aplikasi dari jarak jauh lewat beragam gawai yang terhubung ke akun yang sama.

Fungsi tersebut seharusnya berfungsi di semua gawai elektronik mulai dari PC, ponsel pintar, TV pintar, dan wearable seperti jam tangan pintar. Dalam laporan GSM Arena, Selasa (19/12), fitur tersebut hadir dalam aplikasi Google Play Store versi 38.8 yang baru dirilis.

Sebelumnya, Google Play Store hanya memungkinkan kendali jarak jauh pada gawai yang terhubung dengan satu akun untuk melakukan pemasangan atau install aplikasi saja. Versi lama Google Play Store tidak bisa menghapus aplikasi yang jarang digunakan dari jarak jauh.

Baca juga: Truth Social sudah hadir di Google Play Store

Dengan pembaruan tersebut, maka pengguna kini bisa melakukan install dan uninstall aplikasi asalkan sudah mendapatkan versi terbaru dari Google Play Store.

Tampilan baru Google Play Store juga mampu mengkompilasi semua aplikasi yang dipasang oleh penggunanya dalam daftar yang lebih mudah dikelola. Dengan demikian pengguna bisa mengurutkan aplikasinya baik dari ukuran hingga mengelompokkan aplikasi berdasarkan gawai.

Fitur itu mungkin dapat berguna saat mengelola aplikasi di Android TV, Android Auto, atau Wear OS karena antarmukanya sedikit lebih terbatas. Mengatur aplikasi dari tablet atau ponsel pintar lebih nyaman untuk pengguna sehingga aplikasi di beragam gawainya bisa tertata rapi.

Versi baru aplikasi ini belum menjangkau semua pengguna, mungkin perlu beberapa saat sebelum fitur ini dapat digunakan secara global.

Baca juga: Google Play sediakan tab 'Penawaran' di Google Play Store

Baca juga: Google hapus puluhan aplikasi di Play Store karena mencuri informasi