Wabup Kotim pimpin patroli jelang malam misa Natal 2023

id WabupKotimikut patroli jelang malam misa Natal 2023, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, wabup kotim, Irawati, natal

Wabup Kotim pimpin patroli jelang malam misa Natal 2023

Gabungan FKPD Kotim memantau pelaksanaan ibadah di sejumlah gereja jelang malam misa Natal 2023, Minggu (24/12/2023). ANTARA/HO-Irawati

Sampit (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Irawati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) setempat, melaksanakan patroli ke sejumlah gereja di Kota Sampit menjelang malam misa Natal 2023, Minggu sore. 

“Hari ini kita bersama FKPD Kotim melaksanakan patroli gabungan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada saudara-saudara kita yang merayakan Natal,” kata Irawati yang memimpin patroli tersebut di Sampit. 

Sebelum melaksanakan patroli gabungan FKPD melaksanakan apel di halaman rumah jabatan bupati Kotim. Turut hadir dalam patroli tersebut antara lain Kapolres Kotim AKBP Sarpani, Dandim 1015/Sampit Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata, dan Kepala Dinas Perhubungan Kotim Suparmadi.

Beberapa gereja yang dikunjungi antara lain, GKE Eka Sinta Sampit dan Gereja Katolik St. Joan Don Bosco. 

Irawati menuturkan, sebagai implementasi dalam menjalankan tanggung jawab bersama,  yaitu menjaga kondusivitas dan keamanan di setiap kegiatan dan peringatan keagamaan, diperlukan peran aktif dan dari setiap elemen terkait, agar mewujudkan perayaan Natal yang aman, tertib, dan kondusif. 

Seperti halnya kegiatan keagamaan lainnya,  Natal penuh dengan makna rohani dan kereligiusan, serta kasih sayang dan kepedulian antar sesama umat. 

Hal ini sejalan dengan konsep persatuan dan kesatuan yang dibutuhkan dalam membangun bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Kotawaringin Timur.

Baca juga: Bawaslu Kotim ajak media lawan disinformasi Pemilu 2024

“Ini sesuai dengan harapan kita semua sebagai bagian dari bangsa yang bersatu dalam Kebhinnekaan atau kemajemukan, termasuk kemajemukan dalam kehidupan beragama,” tuturnya. 

Ia juga berharap bahwa perayaan Natal tidak hanya bersifat seremonial, namun membawa pesan untuk terus menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama. 

Meningkatkan semangat dan ketulusan dalam cinta kasih terhadap sesama, serta kepedulian sosial baik di lingkungan keluarga tempat kerja maupun di tengah-tengah masyarakat. 

Irawati pun mengajak seluruh masyarakat agar bergandengan tangan membangun tata kehidupan yang aman, nyaman, tentram dan damai. 

Kepedulian dan kebersamaan antarumat beragama adalah sebuah investasi yang nantinya bisa membawa Kotawaringin Timur lebih sejahtera dalam bingkai Kebhinnekaan. 

“Saya ucapkan selamat bagi masyarakat Kotim yang merayakan Natal. Silakan beribadah dengan aman dan nyaman, karena kami FKPD Kotim siap menjamin keselamatan kalian selama beribadah,” demikian Irawati. 

Baca juga: Harga ayam potong di Sampit melonjak

Baca juga: Harga emas di Sampit tembus Rp1 juta per gram

Baca juga: BKPSDM Kotim raih penghargaan seleksi PPPK mandiri