Polda Kalteng pastikan tindak tegas oknum pembuat gaduh di Pemilu 2024

id POlda KAlteng,Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji ,Palangka Raya,Polda Kalteng tindak tegas oknum yang buat gaduh di Pemilu 2024

Polda Kalteng pastikan tindak tegas oknum pembuat gaduh di Pemilu 2024

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak akan memberi ampun terhadap oknum-oknum masyarakat yang ingin membuat gaduh di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tinggal beberapa minggu saja lagi.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Jumat, mengatakan sampai saat ini tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang pemilu masih berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami akan ambil langkah hukum apabila ada oknum yang berani ingin membuat kacau jalannya pemilu. Namun sampai saat hal-hal tersebut tidak ada terjadi di Kalteng," katanya.

Erlan menuturkan, agar pemilu yang tersisa beberapa minggu ini saja lagi tentunya juga akan terus berkolaborasi dengan sejumlah stakeholder yang ada di provinsi setempat dan Polres-Polres yang berada di jajaran.

Tentunya agar hajatan pesta demokrasi lima tahun sekali ini dapat berjalan lancar, aman dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas serta sesuai pilihan hati nurani rakyat.

"Komitmen kami sudah sangat jelas akan menjaga kamtibmas di pemilu ini, agar aktivitas dan roda perekonomian di Kalteng berjalan seperti biasanya meskipun ada pesta demokrasi lima tahun sekali itu," bebernya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menghimbau kepada masyarakat Kalteng untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu dan informasi yang tidak jelas sumbernya, bahkan diharapkan bisa mencari tahu keberadaan informasi tersebut.

Sehingga masyarakat tidak menyebarkan informasi hoaks dan informasi tidak benar yang tentunya bisa membuat kericuhan di tengah-tengah masyarakat.

"Tentunya saya mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi yang sudah aman ini hingga hari H pemilu nantinya. Mari kita gunakan hak pilih dengan bijak dan damai, sesuai dengan prinsip pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," demikian Erlan Munaji.

Baca juga: Ma'ruf Amin tegaskan dirinya tetap netral sikapi Pemilu 2024

Baca juga: Cegah salah pilih di pemilu 2024, mahasiswa harus pedomi semangat dasar Pancasila

Baca juga: DivHumas Polri kunjungi Puspen TNI perkuat sinergitas amankan Pemilu 2024